visitaaponce.com

PWI Jawa Tengah Gelar Anugerah Pariwisata 2022

PWI Jawa Tengah Gelar Anugerah Pariwisata 2022
Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS(MI/HARYANTO)

 

MENTERI  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan menghadiri dan membuka ajang Anugerah Pariwisata Jawa Tengah 2022.

Ajang tersebut digagas PWI Provinsi Jawa Tengah. Dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia (World Tourism Day) itu, Anugerah Pariwisata Jawa Tengah bakal dihelat di Pelataran Panca Arga Ketep Pass, Kabupaten Magelang, Jumat (23/9).

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS didampingi Ketua Panitia Haryanto
mengatakan, ajang penghargaan itu digelar untuk mengapresiasi para pelaku wisata dan tokoh inovator pariwisata yang berjuang bangkit dari pandemi covid-19, selama dua tahun terakhir.

"Ini sesuai dengan tema anugerah ini, yakni Bangkit dari Pandemi. Inovasi Tiada Henti," ujar Amir, Rabu (10/8).

Amir menyebut, pandemi berdampak pada berbagai sektor dan membuatnya terpuruk, salah satunya pariwisata. Hampir semua destinasi wisata mati suri selama dua tahun lebih.

Masyarakat tidak dianjurkan melakukan aktivitas di luar ruangan demi memutus rantai penyebaran covid-19. Hal itu menyebabkan banyak daerah di Indonesia terdampak, apalagi yang perekonomiannya bergantung pada wisatawan.

Data Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah
menyebutkan, selama pandemi covid-19, jumlah wisatawan khususnya wisatawan mancanegara mengalami penurunan drastis pada 2020 dan 2021. Pada 2020 turun 88% dan 2021 kembali turun 97%.

Namun setelah dua tahun berlalu, pemerintah mulai melonggarkan aktivitas masyarakat. Banyak masyarakat yang mulai melakukan berbagai kegiatan termasuk liburan, namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

Tak hanya itu, seiring dengan penurunan kasus covid-19 sudah banyak wisatawan mancanegara yang mulai berdatangan ke Indonesia. Ditambah lagi dengan adanya kebijakan Visa on Arrival (VOA) dan kebijakan bebas karantina untuk wisatawan mancanegara yang diharapkan bisa menjadi angin segar yang mendorong peningkatan jumlah wisatawan mancanegara, termasuk ke Jateng.

Wisman yang potensial datang ke Jateng berasal dari Malaysia, Singapura, Tiongkok, India, Amerika Serikat. Sektor Pariwisata di Jawa Tengah ditargetkan kembali bangkit dan menggeliat dengan marak dan lahirnya berbagai destinasi wisata unggulan baru.

Selain memiliki destinasi wisata super prioritas yakni Candi Borobudur, Jawa Tengah terus berinovasi untuk menciptakan destinasi wisata unggulan atau Borobudur-Borobudur baru dan mengkombinasikannya dengan olahraga atau budaya.

Sementara Pemerintah Kabupaten Magelang  telah membagi empat Kawasan Strategi Pariwisata (KSP).  Salah satunya, KSP B yang berada di sisi Timur Kabupaten Magelang, yang meliputi Kecamatan Grabag, Ngablak, Tegalrejo, Pakis, Sawangan dan Candimulyo.

Ada beberapa destinasi yang bisa dikunjungi, yakni Puncak Telomoyo,Telomoyo Nature Park, Ketep Pass, Tol Khayangan,
Air Terjun Kedung Kayang, Air Terjun Seloprojo, Embung Sikembang, Candi
Umbul, Pinusan Keditan,  Air Terjun Sekarlangit, Telaga Bleder, Grojokan Kapuhan dan lainnya.

Wisatawan bisa menggunakan beberapa moda transportasi. Diantaranya
Telomoyo Jeep Explore dan Ketep Jeep Explore. Ada beragam paketan yang
disiapkan. Mulai Paket Sort (pendek), Medium (sedang) dan Paket Long
(panjang). Untuk harganya relatif terjangkau. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : NUSANTARA

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat