visitaaponce.com

HUT RI Bendera Merah Putih Siap Dikibarkan Pemuda Aceh di Puncak Gunung Halimun

HUT RI: Bendera Merah Putih Siap Dikibarkan Pemuda Aceh di Puncak Gunung Halimun
Penyerahan bendera merah putih oleh Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto melalui mantan Menteri Pertahanan GAM Zakarya Saman untuk diberikan(MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE))

SEPULUH orang muda-mudi pencinta alam yang tergabung dalam tim Ekspedisi Merdeka, akan mengibarkan bendera sangsaka merah putih di puncak Gunung Halimun, Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. Pengibaran merah putih di lokasi medan pertahanan pahlawan Teungku Chik di Tiro Mahyeddin dari penjajahan Belanda ini, berlangsung nanti saat detik-detik peringatan dirgahayu ke-77 tahun kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022.

Amatan Media Indonesia, misi tersebut dimulai dari penyerahan bendera sang saka oleh Pj Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto melalui mantan Menteri Pertahanan GAM Zakarya Saman di Pendopo Bupati kawasan pesisir Selat Malaka, Kota Sigli, Ibukota Kabupaten Pidie pada Kamis (11/8) sekitar pukul 14.00 Wib. Lalu Zakaria Saman langsung menyerahkan bendera kepada Tim Ekspedisi Merdeka yang diterima oleh Koordinator Fakhrur Reza.

Setelah itu sepuluh orang yang tergabung dalam tim itu berangkat dari Pendopo Bupati Pidie, menuju lokasi Gunung Halimun. Mereka mendaki dari arah perkampungan terakhir kawasan pedalaman Gampong Blang Pandak Kecamatan Tangse.

Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto, dalam sambutan singkatnya mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada tim Ekspedisi Merdeka yang menunaikan tugas mulia ini. Wahyudi berharap setelah misi ini selesai, tim bisa menyelesaikan satu PR lagi yakni menaklukkan puncak gunung Seulawah Aceh yang terkenal banyak mengukir sejarah masa lampau. Itu sesuai dengan apa yang dikatakan Zakaria Saman, bahwa Gunung Selawah merupakan lambang keperkasaan Provinsi Aceh dan banyak mengukir sejarah.

"Kami harus mohon doa para ulama dan dukungan tokoh masyarakat untuk memulai membangun Pidie. Saya butuh banyak pemuda guna menggapai keberhasilan bersama" tutur Pj Bupati Wahyudi Adisiswanto, kepada Media Indonesia.

Pada bagian lain, catatan diperoleh Media Indonesia, Gunung Halimun (Gunong Alimon : Bahasa Aceh) memiliki ketinggian sekitar 1.800 Meter DPL (Di atas Permukaan Laut). Nama lain Gunung Halimun itu adalah Gunong Aulia, karena banyak ulama dan pejuang kemerdekaan bertahan dan syahid melawan pasukan Belanda di puncak yang diselimuti kabut dingin tersebut.

Gunung yang memiliki lembah dan terbentang kebun kopi leberika (kopi panah : kopi rasa nangka) di lereng bawah itu berlokasi diantara Kecamatan Tiro dan Kecamatan Tangse. Mungkin karena lokasinya sangat strategis, DR Hasan Muhammad Di Tiro, pada 4 Desember 197 M, memproklamirkan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di gunung nan subur tersebut. Disilah cikal bakal pemberontakan GAM dideklarasikan.(OL-13)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat