visitaaponce.com

Rico Sia Resmikan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di Raja Ampat

Rico Sia Resmikan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di Raja Ampat
Rico Sia (dua dari kiri) saat peresmian fasilitas penerangan jalan umum di Raja Ampat.(Dok pribadi)

ANGGOTA Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Rico Sia, meresmikan penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) di Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (13/10).

Penerangan jalan tersebut merupakan program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tahun Anggaran 2021. Program tersebut bisa terealisasi dengan aspirasi Rico Sia. Pada Tahun Anggaran 2021, sebanyak 340 titik PJUTS sudah terpasang di seluruh penjuru Papua Barat. Sementara untuk Tahun Anggaran 2022, sejauh ini sudah dipetakan dan disurvei sejumlah 370 titik.

Rico Sia mengatakan bahwa program ini disambut antusias masyarakat. PJUTS dapat menerangi jalan umum dengan daya listrik yang bersumber dari matahari, sehingga dapat menjangkau daerah yang belum teraliri listrik PLN.

"Program PJUTS ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat di Papua Barat, khusunya di Kabupaten Raja Ampat," ujar Rico yang mengaku sengaja memilih tempat peresmian di Raja Ampat agar mitra kerjanya di Komisi VII, Kementerian ESDM bisa melihat langsung realita di lapangan.

Raja Ampat, lanjut Rico, merupakan daerah wisata tetapi sepanjang jalan tidak ada lampu penerangan dan masing gelap gulita bila malam tiba. Hal itu tentu saja menghambat mobilitas masyarakat.

Legislator dari Dapil Papua Barat ini berjanji ke depan akan terus mendorong program PUJTS ini di Papua Barat. "Aspirasi dari masyarakat akan kami upayakan agar Raja Ampat akan semakin terang dan aktivitas perekonomian masyarakat bisa berjalan dengan baik," tukasnya. (RO/O-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eko Suprihatno

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat