visitaaponce.com

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Wisatawan Diminta Waspada

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Wisatawan Diminta Waspada
Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Wisatawan Diminta Waspada(MGN/Rustam Efendi)

AKTIVITAS Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda kembali meningkat pada Kamis (27/10/2022) pukul 12.05 WIB ditandai dengan munculnya abu vulkanik setinggi 250 meter di atas puncak atau 407 meter di atas permukaan laut.

Anak Krakatau terlihat mengeluarkan abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut. Erupsi ini terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi 25 detik. Tidak terdengar suara dentuman dalam erupsi ini.

"Hari ini dia kembali melepaskan energinya, terdeteksi Mikro tremor Anak Krakatau masih terus berlanjut, menandakan aliran magmanya masih ada," beber Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau, Andi Suardi kepada Metro TV, Kamis (27/10/2022).

Meskipun demikian, kata dia, saat ini Gunung Anak Krakatau masih dalam status level III atau siaga. 

Rekomendasi yang dikeluarkan bagi masyarakat, pengunjung, wisatawan dan pendaki agar tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah aktif.

"Kondisi ini masih terbilang aman, yang terpenting untuk tidak mendekati Gunung Krakatau dalam radius 5 KM," ujar Andi.

Sebelumnya, aktivitas Gunung Anak Krakatau juga terpantau meningkat dalam beberapa hari terakhir. Bahkan Selasa (25/10/2022) lalu letusan terjadi empat kali dalam sehari. (Ren/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat