visitaaponce.com

Taman Pracima Solo Diharap Jadi Destinasi Wisata Baru

Taman Pracima Solo Diharap Jadi Destinasi Wisata Baru
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming meninjau progres pembangunan Taman Pracima Mangkunegaran didampingi Pengageng Pura KGPAA Mangkunegoro X(MI/Widjajadi)

PURA Mangkunegaran sejak lima bulan terakhir terus berprogres melakukan proses revitalisasi Taman Pracima atau Pracima Tuin. Tidak disebutkan berapa anggaran yang digelontorkan untuk area taman yang akan berfungsi sebagai tempat interaksi publik dan kawasan terbuka hijau tersebut.

"Yang jelas langkah revitalisasi ini terinspirasi dari taman kerajaan yang pernah dibangun leluhur kami, Sampeyandalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (S.I.J.K.G.P.A.A.) Mangkoenagoro VII pada tahun 1930-an," kata Pengageng Pura, KGPAA Mangkoenagoro X, di sela-sela peninjuan progres Taman Pracima bersama Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, Selasa (8/11).

Proses pembangunan revitalisasi melibatkan para ahli cagar budaya yang kemudian memunculkan wujud bangunan Taman Pracima atau "Pracima Tuin" yang bergaya arsitektur Jawa-Eropa. Seluruh anggaran pembiayaan pembangunan ini digalang dari CSR dan juga bantuan dari Kementerian BUMN. Diharapkan, akhir Desember bisa selesai.

"Taman Pracima terintegrasi dengan bangunan di dalamnya seperti Pracimasana, Pracimaloka dan Pracimawisik yang difungsikan sebagai pusat pengembangan kesenian, kolaborasi budaya, pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta kuliner khas Mangkunegaran," ungkapnya.

Baca juga: Di Solo, Sandiaga Terinspirasi Ciptakan Lebih Banyak Lapangan Kerja

Selain sebagai ruang publik dan pusat kebudayaan, lanjut pemilik nama asli Bhre Cakrahutomo itu, keberadaan Taman Pracima juga berfungsi sebagai ruang terbuka hijau atau paru paru kota dan resapan air.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta Gibran menjelaskan keberadaan Taman Pracima yang melengkapi ruang tata kelola kebudayaan Mangkunegaran juga akan menjadi destinasi wisata baru.

"Pura Mangkunegaran makin komplit, sebagai pusat kebudayaan dan tempat wisata budaya yang indah dan instagramable. Sangat mendukung keberadaan Ngarsapura dan Triwindu koridor Gatsu (Gatot Subroto) yang sedang dibenahi. Semua parkir nanti di Pura Mangkunegaran, sehingga wisatawan bisa berkegiatan budaya dan belanja," tutur Gibran.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat