visitaaponce.com

Ali Mazi Indikator Ekonomi Tunjukkan Perekonomian Sultra Positif

Ali Mazi: Indikator Ekonomi Tunjukkan Perekonomian Sultra Positif
Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi(MI/Rahmat R)

GUBERNUR Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, menyebutkan dari indikator pertumbuhan ekonomi, kondisi perekonomian di wilayahnya semakin meningkat dan membaik.

Pernyataan itu disampaikan Ali Mazi saat memberikan penjelasan Atas Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun Anggaran 2023, di Ruang Sidang Paripurna DPRD Sultra, Kamis malam (17/11/2022)

Ketua DPW Parta NasDem Sultra ini mengemukakan secara singkat, beberapa pencapaian pembangunan daerah, yang dilihat dari sisi indikator makro ekonomi selama tahun 2022.

"Syukur Alhamdulillah, pada tahun 2022 ini kondisi daerah khususnya Provinsi Sulawesi Tenggara sudah semakin membaik. Hal ini dapat diukur dengan capaian beberapa indikator makro pembangunan daerah," ungkap Ali Mazi.

Indikator itu, jelas Ali Mazi, dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021 mencapai 4,10 persen, lebih baik dibandingkan tahun 2020 yang mengalami kontraksi hingga minus 0,65 persen.

"Hingga triwulan kedua tahun 2022 pertumbuhan telah mencapai 6,09 persen dengan kontribusi terbesar masih pada sektor pertanian, kemudian sektor pertambangan dan galian, sektor perdagangan, konstruksi dan industri pengolahan," terangnya.

Ia menambahkan, untuk sektor pertanian dengan kontribusi sebesar 24,78 persen, dapat tumbuh sebesar 7,49 persen. Sementara sektor pertambangan dan galian dengan kontribusi sebesar 19,05 persen, belum dapat menyumbang peningkatan pertumbuhan, dan hanya mencapai minus 0,15 persen.

"Demikian pula sektor konstruksi hanya mencapai pertumbuhan minus 0,16 persen. Hal ini disebabkan karena terbatasnya proyek pemerintah dan swasta pada periode tersebut sehingga berdampak pula pada kinerja sektor pertambangan khususnya galian non tambang yakni batuan material bangunan," beber Ali Mazi.

"Kita berharap pada periode berikutnya hingga akhir tahun 2022 pertumbuhan sektor tersebut dapat tumbuh positif dan bisa meningkatkan pertumbuhan pada tahun 2022," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Ganjar : Jembatan Wonokerto Dapat Dilalui Sore Ini, Urai Kemacetan Pantura Demak

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat