visitaaponce.com

BIN Daerah Jawa Barat Operasikan Posko Bantuan Untuk Korban Gempa di Cianjur

BIN Daerah Jawa Barat Operasikan Posko Bantuan Untuk Korban Gempa di Cianjur
Petugas membagikan bantuan di Pos Bantuan yang didirikan BIN Daerah Jawa Barat untuk membantu korban gempa bumi di Cianjur.(DOK/BIN Daerah Jawa Barat)

BADAN Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Barat bergerak cepat membangun posko bantuan untuk korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Posko didirikan di Jalan Labuan, Cianjur, bersebelahan dengan tempat usaha Tahu Sumedang, di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang.

Posko berdiri dan langsung beroperasi satu hari pasca-terjadinya gempa berkekuatan magnitude 5,6. Posko Bantuan sudah mengalirkan bantuan untuk korban yang terdampak bencana.

Pendirian Posko Bantuan BIN Daerah Jabar di Cianjur, atas perintah Kepala BIN Jenderal (Purn) Prof Budi Gunawan. Operasional posko dipimpin  Kabinda Jabar Brigjen TNI Ruddy Prasemilsa Mahks.

Ada tiga posko yang didiirikan, yakni tenda pengungsi 1 berkapasitas 60 orang untuk menampung pengungsi dari Desa Cijedil. Posko diisi sebanyak 57 orang yang terdiri dari laki-laki 20 orang (anak-dewasa), perempuan 24 orang (anak-dewasa), dan anak bayi 13 orang.

Tenda pengungsi 2 berkapasitas 25 orang tenda untuk tenaga kesehatan dalam rangka memberikan bantuan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Selain itu juga Binda Jabar membawa logisitik bantuan kemanusiaan dari  
BIN RI untuk korban bencana gempa di Kabupaten Cianjur.

"Sebanyak dua truk bantuan logistik dari Mabes BIN sudah sampai di
posko, dan akan terus bertambah sesuai kebutuhan lapangan," ungkap Ruddy Prasemilsa.

Logistik bantuan Kemanusiaan Mabes BIN untuk pengiriman awal ini berupa
kebutuhan pokok dan makanan ringan, di antaranya mi instan, air mineral, susu UHT, tisu kering, beras, minyak goreng, sosis, sarden kaleng, roti sobek, biskuit, pampers, pembalut wanita, sabun mandi, dan makanan tambahan.

Selain memberikan Bantuan logistik dan bahan makanan, Binda Jawa Barat
juga melakukan pengobatan kepada para korban bencana. (N-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat