visitaaponce.com

Presiden Rehabilitasi Rumah Warga Dilakukan Setelah Evakuasi Selesai

Presiden: Rehabilitasi Rumah Warga Dilakukan Setelah Evakuasi Selesai
Gempa Cianjur.(AFP)

PRESIDEN Joko Widodo mengungkapkan proses perbaikan infrastruktur terutama rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat, akan dilakukan setelah proses evakuasi korban dan distribusi logistik selesai dilakukan.

"Yang paling penting setelah nanti evakuasi selesai, distribusi bantuan sudah bisa menjangkau semua lokasi, baru babak berikutnya adalah rehabilitasi untuk rumah-rumah yang roboh berat, sedang, maupun yang ringan," ujar Jokowi di Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11).

Baca juga: Ribuan Pendukung Sambut Anies Baswedan di Palu

Ia mengatakan pemerintah akan memberikan Rp50 juta kepada warga yang rumahnya rusak berat, Rp25 juta untuk yang mengalami kerusakan sedang dan Rp10 juta bagi yang rusak ringan.

Adapun, pemberian bantuan akan disalurkan melalui berbagai skema. Pertama, pemerintah bisa menyalurkan bantuan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta TNI. Nantinya, dua institusi tersebut yang bergerak membangun kembali hunian-hunian yang rusak. Kemudian, skema selanjutnya adalah dengan memberikan bantuan langsung kepada para korban.

"Kalau memang itu bisa mempercepat, kita lakukan. Kita tidak terpaku pada satu skema," tandas Jokowi. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat