visitaaponce.com

174 Pengungsi Rohingya akan Dipindah dari Pidie ke Sigli

174 Pengungsi Rohingya akan Dipindah dari Pidie ke Sigli
174 Pengungsi Rohingya akan Dipindah dari Pidie ke Sigli(MGN/Rudi Hermawan)

SEBANYAK 174 imigran Rohingya yang mengungsi dari negaranya dan terdampar di Perairan Ujong Pie, Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Aceh hingga kini masih ditampung di sebuah gedung sekolah di daerah Ujong Pie Lawong.

Para pengungsi datang pada Senin (26/12/2022) dengan kondisi memprihatinkan. Mereka sebelumnya pernah mendarat di Malaysia, namun ditolak oleh pemerintah setempat sampai akhirnya mendarat di Indonesia.

Baca juga: Jelang Tahun Baru, Harga Daging Sapi dan Ayam Terus Meroket

Pemerintah daerah dan masyarakat Pidie telah membantu sebisanya dengan memberikan makanan dan pakaian serta fasilitas kesehatan kepada para imigran yang mencari suaka.

Penjabat Bupati Pidie Wahyudi Adisiwanto mengatakan dibutuhkan penanganan khusus dan Kerja sama dari semua pihak yang terkait untuk menangani para pengungsi.

“Ini merupakan persoalan internasional. Kami tidak bisa mengatasinya sendirian, Alhamdulillah IOM dan UNHCR telah hadir semoga permasalahan pengungsian ini dapat teratasi dengan baik,” ujar Wahyudi (29/12/2022).

Wahyudi menambahkan dalam waktu dekat para pengungsi Rohingya akan dipindahkan ke Kota Sigli, karena gedung sekolah yang ditempati akan dipakai untuk ujian para siswa-siswi sekolah.

Diketahui gelombang pengungsian etnis Rohingya terus berdatangan secara berkala dengan menggunakan perahu guna mencari suaka dan berlabuh ke negara sekitarnya. Pemerintah Myanmar tidak mengakui dan menghapus Rohingya dari daftar etnis maupun ras negara tersebut. (Mef/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat