visitaaponce.com

Cuaca Buruk Ancam Makassar, Warga Diminta Waspada

Cuaca Buruk Ancam Makassar, Warga Diminta Waspada
Ilustrasi(ANTARA)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk, yang diprediksi terjadi 3 hingga 9 Januari 2023. Dengan waktu diperkirakan, terjadi pada dini hari hingga pagi hari.

"Akan terjadi, hujan dengan intensitas lebat di wilayah Sulsel bagian barat, bagian tengah dan bagian selatan. Dan khusus bagian barat juga selatan, disertai angin kencang," ungkap Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Irwan Slamet.

BMKG Wilayah IV Makassar, juga memprakirakan gelombang tinggi di perairan sekitar Sulsel dengan kategori gelombang sedang dengan ketinggian gelombang 1,25 hingga 2,5 meter terjadi di beberapa wilayah perairan.

"Seperti perairan Parepare, spermonde Pangkep bagian barat, perairan spermonde Makassar, teluk Bone bagian utara dan selatan. Dan gelombang tinggi 2,5 meter hingga 4 meter terjadi di selat Makassar bagian selatan," jelasnya.

Selain Selat Makassar bagian selatan, gelombang tinggi juga akan terjadi di perairan Selayar bagian barat dan timur, perairan Sabalana, laut Flores bagian barat dan timur, perairan Pulau Bonerate - Kalaotoa Utara dan Selatan.

BMKG Wilayah IV Makassar berharap agar pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat di daerah yang disebutkan, bisa meningkatkan kesiapsiagaan atas kemungkinan datangnya bencana. Karenanya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mengingatkan kepada masyarakat agar mewaspadai potensi cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang tinggi. Cuaca buruk ini diprediksi akan berlangsung hingga sepekan ke depan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar Hendra Hakamuddin mengatakan masyarakat harus bersiap menghadapi potensi cuaca ekstrem. "Makassar telah memiliki pengalaman dengan dampak cuaca ekstrem, salah satunya banjir. Karena itu, masyarakat harus selalu meningkatkan kesiapsiagaan apalagi telah ada peringatan dini dari BMKG," kata Hendra.

Dia juga menyebut peringatan ini tidak hanya berlaku untuk warga yang bermukim di daerah rawan banjir. Peringatan waspada ini juga berlaku untuk seluruh masyarakat Kota Makassar, termasuk di daerah kepulauan dan pesisir. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat