visitaaponce.com

Habitatnya Tergenang Banjir, Ular Kobra Besar Masuk Permukiman Warga

Habitatnya Tergenang Banjir, Ular Kobra Besar Masuk Permukiman Warga
Relawan menangkap ular kobra.(DOK Pribadi.)

ULAR kobra berukuran besar masuk di pondok pesantren di Kudus, Jawa Tengah. Hewan berbisa itu dievakuasi tim Animal Rescue BPBD Kudus. Masuknya reptil berbahaya tersebut di permukiman diduga karena habitatnya tergenang banjir.

Proses evakuasi ular kobra oleh relawan Animal Rescue BPBD Kudus dilakukan pada Rabu (14/1) malam. Kini ular kobra Jawa yang masuk di kompleks pondok pesantren Desa Kirig Kecamatan Mejobo, Kudus, berhasil diamankan. 

Relawan, Edi Yulianto, mengaku baru pertama mendapatkan evakuasi ular kobra jawa berukuran besar dengan panjang 1,6 meter. Proses evakuasi sempat mengalami kesulitan karena posisi ular bersembunyi di selokan. 

"Diduga kemunculan ular masuk pondok pesantren karena habitatnya lokasi sekitar merupakan areal persawahan terendam banjir," ujar Edi. Meski telah diamankan ular kobra berukuran besar, sejumlah santri di pondok tersebut masih sesekali melihat ular kobra serupa keluar masuk pondok dari sawah terendam banjir. 

Animal Rescue BPBD Kudus meminta masyarakat agar melaporkan ular di tengah permukiman untuk dievakuasi. Maklum, kondisi banjir seperti saat ini hewan reptil seperti ular biasanya naik ke daratan. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat