visitaaponce.com

Status Dieng Naik, Masyarakat dan Wisatawan Diminta Lebih Waspada

Status Dieng Naik, Masyarakat dan Wisatawan Diminta Lebih Waspada
Sejumlah wisatawan tengah menikmati wisata Kawah Sikidang lewat Jembatan Kayangan di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah (Jateng) beberapa wak(MI/Lilik Darmawan)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Wonosobo, Jawa Tengah mengimbau masyarakat dan wisatawan agar berhati-hati dan lebih waspada. Menyusul adanya peningkatan status Pegunungan Dieng dari semula level 1 atau normal menjadi level II atau waspada.

Peningkatan status ini menurut Kepala Pelaksana Harian (Plh) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Bambang Triyono, ditetapkan sejak Jumat (13/1) Malam sekitar pukul 23.00 wib.

"Kami mengimbau kepada seluruh warga dan wisatawan agar berhati-hati dan lebih waspada. Terutama untuj tidak mendekat ke titik-titik atau area yang sudah kami tentukan karena berbahaya,"kata Bambang, Minggu (15/1/2023).

Sebelumnya, menurut Bambang, sejak 9 Januari lalu hingga saat ini beberapa kali masih terjadi aktivitas kegempaan ringan. Kemudian, pada Jumat (13/1) pukul 18.45 wib terjadi gempa dengan kedalaman 3,4 skala richter. Gempa yang relatif cukup besar inilah yang mendorong adanya peningkatan status Pegunungan Dieng menjadi level waspada.

"Kami berkoordinasi untuk memantau Dieng, mengecek lokasi yang berpotensi mengeluarkan gas beracun, sepwrti Kawah Sikidang dan Sikendang. Sampai saat ini kondisinya masih aman. Namun warga dan wisatawan tetap hati-hati untuk tidak mendekat ke area yang berbahaya,"katanya. (OL-13)

Baca Juga: BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di sebagian Wilayah Indonesia

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat