visitaaponce.com

Gunung Raung Alami Kenaikan Status jadi Level 2

Gunung Raung Alami Kenaikan Status jadi Level 2
Gunung Raung di Banyuwangi alami peningkatan status(Antara)

Kondisi Gunung Berapi di Jawa Timur dinilai masih dalam keadaan aman, meskipun hanya satu gunung yang mengalami peningkatan level. Menurut laporan yang disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Jatim Gatot Subroto, Gunung Raung di Banyuwangi adalah satu-satunya yang mengalami peningkatan dari level 1 menjadi level 2.

Gatot Subroto menjelaskan bahwa meskipun Gunung Raung mengalami peningkatan level, secara umum kondisi Gunung Berapi di Jawa Timur masih tergolong aman. Pihaknya terus berkomunikasi dengan PVMBG untuk memantau perkembangan seluruh Gunung Berapi di wilayah tersebut.

Menurut Gatot, kejadian letusan Gunung Ruang di Sulawesi Utara tidak berpengaruh langsung terhadap kondisi Gunung Berapi di Jawa Timur.

Baca juga : Masyarakat Diminta tidak Mendekat Gunung Karangetang

"Masih aman, hanya satu gunung, yaitu Gunung Raung," katanya.

Berdasarkan laporan dari PVMBG, kondisi gunung di Jawa Timur adalah sebagai berikut: Gunung Semeru berada pada Level III (Siaga), Gunung Bromo pada Level II (Waspada), Gunung Raung pada Level II (Waspada), Gunung Arjuno Welirang pada Level I (Normal), Gunung Ijen pada Level I (Normal), Gunung Kelud pada Level I (Normal), dan Gunung Lamongan pada Level I (Normal).

"Masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Berapi tetap diimbau untuk tetap waspada," tambahnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat