visitaaponce.com

UKP Beri Dukungan kepada Petani dan Pelaku UMKM Milenial

UKP Beri Dukungan kepada Petani dan Pelaku UMKM Milenial
UKP RI Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan Muhamad Mardiono (ketiga dari kiri).(DOK UKP)

UTUSAN Khusus Presiden Republik Indonesia (UKP RI) Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan, Muhamad Mardiono melakukan diskusi bersama para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga petani milenial, di Desa Siderejo, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Mardiono mengaku akan terus mendukung beberapa program unggulan Kabupaten Banyuwangi khususnya Youth Entrepreunership and Employment Support Services (YESS) dan Jagoan Tani. 

Program tersebut ditujukan untuk meningkatkan jumlah dan kapasitas, sekaligus kompetensi sumber daya petani dan wirausahawan muda di sektor pertanian dalam rangka mendukung program regenerasi petani dan peningkatan nilai tambah sektor pertanian secara nasional.

Baca juga : Presiden Jokowi Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Rogojampi Banyuwangi

“Alhamdulillah buah hasil pertaniannya juga telah diolah menjadi sebuah produk inovasi yang menarik, saya akan mendorong ke arah sana untuk menjaga pasar nasional kita,” tutur Muhamad Mardiono usai melakukan kunjungan, dikutip Rabu (5/6).

Mardiono menyebut, program unggulan yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi memiliki potensi untuk pengentasan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan dan peningkatan kapasitas usaha ekonomi produktif UMKM setempat.

“Sehingga pemerintah wajib mendorong UMKM berkembang pesat untuk mengisi pasar nasional, agar UMKM dapat terus menjadi kekuatan ekonomi nasional Indonesia. Dalam kunjungan ini, dilakukan pemantauan dan sinkronisasi kebijakan yang beririsan dengan bidang pengentasan kemiskinan, percepatan pembangunan desa, dan ketahanan pangan,” ungkapnya.

Baca juga : Pasar Produk Snack Berbasis Keju di Tanah Air Masih Menjanjikan  

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi Arief Setiawan mengucapkan terima kasih kepada Mardiono yang telah memberikan motivasi kepada para milenial yang hadir dan bersedia memfasilitasi perkembangan pelaku UMKM dan petani muda di wilayahnya.

“Saya ucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Pak UKP Muhamad Mardiono yang memberikan sebuah harapan dan motivasi. Semoga mereka para petani dan wirausahawan milenial bisa semakin berkembang dan mendapat dukungan dari pemerintah pusat agar dapat difasilitasi terkait peningkatan kapasitas produk dan daya saingnya untuk menembus pasar yang lebih luas lagi,” kata Arief.

Pada kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi kali ini, pria yang menjabat sebagai pimpinan partai berlambang Kabah juga meninjau stan petani dan UMKM yang menang dalam program Jagoan Tani. Kemudian juga bertemu dengan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani untuk membahas potensi, sumber daya, dan program unggulan lokal yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi.

Kunjungan kerja UKP ini juga menekankan pentingnya program regenerasi petani, hilirisasi sektor pertanian, serta penguatan UMKM di daerah untuk dapat berkontribusi dalam upaya pengentasan kemiskinan dan ketahanan pangan nasional. Beragam inovasi dan inisiasi program unggulan daerah di Banyuwangi berpotensi untuk diangkat menjadi model best practices nasional yang kemudian dapat direplikasi oleh pemerintah daerah lainnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat