visitaaponce.com

Lembaga Amil Zakat Perlu Bersinergi Entaskan Kemiskinan

Lembaga Amil Zakat Perlu Bersinergi Entaskan Kemiskinan
Peresmian status sebagai lembaga amil zakat nasional.(Dok. Asar Humanity)

DIREKTUR Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Waryono Abdul Ghafur mengungkapkan amil zakat perlu bersinergi dalam mewujudkan peningkatan hidup masyarakat, khususnya yang masih merasakan kemiskinan. Waryono juga mendorong masyarakat untuk menunaikan zakat di lembaga amil zakat yang legal dan tercatat secara resmi di Kementerian Agama.

Hal itu diutarakan Waryono saat acara peresmian lembaga kemanusiaan ASAR Humanity, yang telah aktif memberi kebermanfaatan sejak 2018, sebagai sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat Nasional.

Peresmian status LAZ Nasional tersebut ditandai dengan acara penandatangan pakta integritas dan penyerahan Surat Keputusan (SK) Kemenag RI No. 394 Tahun 2024 di Gedung Graha ASAR, Depok, Selasa (25/6). SK diserahkan langsung oleh Waryono.

Baca juga : UKP Beri Dukungan kepada Petani dan Pelaku UMKM Milenial

“Penting bagi kita bersinergi dengan lembaga lain dan memfungsikan kehadiran negara, sehingga nantinya para mustahik bisa naik kelas menjadi muzaki,” ujar Waryono dalam keterangannya.

Ia juga berharap acara peresmian juga semakin memotivasi ASAR Humanity untuk terus berkomitmen pada dunia kemanusiaan dan mengikhtiarkan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat.

Mendukung pernyataan Waryono, Ketua Dewan Pembina ASAR Humanity Ahmad Dahlan menyampaikan belum lama ini ia turut membersamai rekan-rekan ke lapangan dalam aksi distribusi hewan kurban ke pelosok Nusa Tenggara Barat.

Baca juga : Rembug Pembangunan Jateng, Nana Sudjana:  Fokus Terhadap Pengentasan Kemiskinan

Sudah lima tahun berdiri untuk dunia kemanusiaan, ASAR Humanity disebut telah menebar manfaat kepada sekitar 1,3 juta masyarakat hingga di pelosok negeri.

Ketua Yayasan ASAR Humanity Noval Eriansyah menambahkan jumlah 1.3 juta jiwa yang tersebar di 32 provinsi tersebut merasakan manfaat melalui berbagai program layanan, seperti pendidikan, air bersih, pangan, kesehatan, emergency social dan bencana, hingga ekonomi.

"Insya Allah, ASAR Humanity telah bertransformasi menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional. Wujud strategi untuk meningkatkan karya kemanusiaan lembaga yang tumbuh dan berkembang, aman syari, aman regulasi, juga aman NKRI. Tak lupa ini bukti tekad lembaga untuk semakin profesional dan amanah dalam menjalankan roda organisasi LAZNAS ASAR Humanity," pungkasnya.

ASAR Humanity memiliki cabang di empat provinsi yaitu Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Yogyakarta serta jaringan relawan yang tersebar di lebih dari 26 provinsi. (B-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Haufan Salengke

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat