visitaaponce.com

Badan POM Ingatkan Urus Izin Edar Makanan dan Minuman Jangan Melalui Calo

Badan POM Ingatkan Urus Izin Edar Makanan dan Minuman Jangan Melalui Calo
Izin Edar(Dok. BPOM)

DEPUTI Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik Badan POM, Mohamad Kashuri ingatkan para pelaku usaha agar tidak menggunakan jasa calo dalam mengurus persyaratan izin edar produk makanan, minuman, hingga pangan olahan.

"Apabila ada kesulitan, langsung konsultasikan saja. Jangan melalui calo karena kalau melalui calo ada biaya tambahan, mungkin prosesnya juga lama," kata Kashuri di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (22/5).

Ia menyebut terjadi komunikasi yang tidak seimbang dan tidak berlanjut di masyarakat sehingga merasa sulit memenuhi persyaratan izin edar. Alhasil prosesnya terkatung-katung. Pelaku usaha harus tahu kaitannya evaluasi tanpa menghilangkan mutu.

Baca juga : Pemda dan UMKM Keluhkan Sulit Dapat Izin Produk dari Badan POM

"Kami tidak hanya melakukan sosialisasi, tapi benar-benar kita jemput bola ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa mengurus izin itu tidak susah, selama mengikuti SOP yang sudah ditentukan," ujar dia.

Oleh karena itu ia juga sudah melakukan trobosan dengan melakukan revitalisasi dan penyederhanaan kaitannya dengan evaluasi tanpa menghilangkan aspek keamanan dan mutu.

"Penyederhanaan dengan melakukan percepatan perizinan edar. Semua bisa dilakukan secara daring (online) tapi mungkin dari beberapa pelaku usaha kesulitan untuk melakukan secara daring. Kami harap datang saja ke Mal Pelayanan Publik, petugas kami siap melayani di sana," pungkasnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat