visitaaponce.com

Perketat Pengamanan WWF ke-10, 500 Personil Gabungan Diturunkan

Perketat Pengamanan WWF ke-10, 500 Personil Gabungan Diturunkan
Pengamanan world water forum(Antara)

SEBANYAK 500 pasukan gabungan diterjunkan untuk pengamanan Word Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Imam Sugianto menyatakan akan meningkatkan pengamanan di Banyuwangi karena daerah ini merupakan salah satu jalur utama menuju Bali.

"Kami akan memastikan semua personel siap dalam mengamankan WWF ke-10. Kami akan fokus pada pencegahan dan tindakan preventif, khususnya terhadap pendatang yang akan menuju Bali melalui Jawa Timur yang kami amankan di sini," ungkapnya setelah apel pasukan di Pelabuhan Tanjungwangi pada Rabu (15/5).

Didampingi oleh Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Kaskoarmada II Laksamana Pertama TNI Isswarto, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono, serta beberapa pejabat Polda Jatim dan Polresta Banyuwangi dalam apel pengamanan WWF di Pelabuhan Tanjungwangi.

Baca juga : Kapolri Bakal Pimpin Gelar Pasukan Pengamanan World Water Forum

Selain peningkatan personel, terdapat juga peningkatan keamanan di beberapa titik pelabuhan, termasuk pelabuhan-pelabuhan kecil.

"Sekitar 500 personel terlibat dalam pengamanan di sini, di luar personel yang biasanya bertugas di sini," ujar Imam.

Imam menambahkan bahwa petugas akan melakukan pemeriksaan terhadap calon penumpang yang akan menyeberang ke Bali, termasuk pemeriksaan terhadap barang bawaan mereka, namun tidak termasuk pemeriksaan terhadap surat-surat kendaraan.

"Pemeriksaan akan dilakukan di sepanjang jalur menuju Banyuwangi. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyeberang ke Bali jika tidak ada kepentingan mendesak, karena pemeriksaan yang dilakukan bisa memakan waktu," jelasnya.

WWF ke-10 di Bali dihadiri oleh lebih dari 170 negara dengan total sekitar 17.000 peserta, dan direncanakan akan dihadiri oleh 69 kepala negara pada puncak High Level meeting pada tanggal 20 Mei 2024 mendatang. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat