visitaaponce.com

Umat Tri Dharma Gotong Royong Bersihkan Klenteng di Purwokerto

Umat Tri Dharma Gotong Royong Bersihkan Klenteng di Purwokerto
Bangunan dan ruangan Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto, dibersihkan untuk menyambut Imlek, Selasa (17/1/2023).(MI/Tosiani)

MENJELANG Perayaan Tahun Baru Imlek sejumlah Umat Tri Dharma membersihkan perlengkapan altar dan seluruh bagian Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto, Jawa Tengah. Proses pembersihan diperkirakan memakan waktu hingga sepekan sebelum pergantian tahun pada 22 Januari mendatang.

Candra,68, salah seorang pegawai Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto, menjelaskan, pembersihan meliputi seluruh ruangan, bangunan dan perlengkapan altar. Pembersihan ini melibatkan puluhan umat secara bergantian.

"Ini karena waktunya sudah mepet jadi dikebut. Kami sampai lembur hingga dini hari," tutur Candra, Selasa (17/1/2023).

Bagian depan klenteng dan beberapa bagian dalam dilakukan pengecatan ulang. Bagian atap juga dibenahi. Perlengkapan altar seperti tempat lilin dibersihkan dari sisa lilin yang menempel dengan menggunakan obeng dan kuas. Kemudian bekas dupa untuk sembahyang disaring, lalu bagian yang bersih diletakan kembali di altar dan bagian yang kotor dibuang.

Pengurus Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto, Maryati menerangkan, proses persiapan menyambut Imlek sudah dilakukan sejak Sabtu (14/1) pekan lalu dengan ritual mengantar dewa dapur terbang ke langit guna melaporkan perilaku, perbuatan para umat selama setahun.

Berlanjut Minggu (15/1) dengan membersihkan Kieemsin atau rupang atau obyek pemujaan di Klenteng yang jumlahnya mencapai 25.

Adapun pembersihan ruangan dan perlengkapan altar di Klenteng, kata Maryati, sudah dilakukan sejak Senin (16/1). Kegiatan pembersihan ditarget selesai pada Sabtu (21/1) mendatang, tepat sebelum sembahyang menyambut pergantian tahun bari Imlek. Pembersihan memakan waktu lama karena sangat banyak yang harus dibenahi dan dibersihkan.

"Acara utama adalah sembahyang untuk menyampaikan rasa syukur dilaksanakan pada Sabtu (21/1) pukul 23.00 wib hingga Minggu (22/1) tepat saat pergantian tahun baru Imlek,"katanya. (OL-13)

Baca Juga: Komunitas Nelayan Pesisir Jatim Gelar Aksi Sosial di Sumenep

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat