visitaaponce.com

Kabupaten Minahasa Raih Penghargaan Adipura 2022

Kabupaten Minahasa Raih Penghargaan Adipura 2022
Bupati Minahasa Royke Octavian Roring menerima Piala Adipura dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya(DOK/HUMAS PEMKAB MINAHASA)

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutan Siti Nurbaya menyerahkan penghargaan Adipura kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Penghargaan tersebut diterima Bupati Royke Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey.

Penyerahan penghargaan dalam bentuk Piala Adipura Kategori Kota kecil tahun 2022 ini diterima Bupati Minahasa Royke Octavian Roring dari Menteri Lingkngan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Selasa (28/2/), di Auditorium Manggala Wana Bhakti, Jakarta.

Menteri Siti Nurbaya mengatakan, melalui Anugerah Adipura 2022 pihaknya terus berusaha menyempurnakan program Adipura dengan mendorong kabupaten/kota mencapai target penanganan sampah 100% pada 2025 mendatang.

"Kabupaten/kota juga perlu terus berbenah dan beradaptasi dengan perkembangan metode pengelolaan sampah, sehingga dapat menemukan solusi yang terbaik dalam menangani persoalan sampah," ujar Siti Nurbaya.

Kerja bersama

Sementara itu, Bupati Royke Octavian Roring mengaku sangat berterima kasih kepada warganya yang sudah berperan aktif dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Minahasa yang telah memiliki kesadaran bahwa sampah ini harus dikelola dengan baik.

"Kami juga berterima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw yang selalu membina dan mendukung program-program yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Minahasa, sehingga saat ini bisa meraih piala Adipura setelah yang terakhir diraih 13 tahun silam.

Penghargaan ini, lanjutnya, menjadi tantangan bagi Pemkab Minahasa untuk terus mempertahankan kinerja bidang kebersihan dan pengelolaan sampah, sehingga bisa terus mempertahankan Piala Adipura.

"Mari bersama-sama mengeloh sampah dengan sebaik-baiknya, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya dengan demikian kita dapat mempertahankan Piala Adipura ini di tahun-tahun yang akan datang," ujar Royke.

Sementara Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Vicky Kaloh menambahkan, proses penilaian untuk meraih Adipura sudah dilakukan di kota Tondano Ibukota Kabupaten Minahasa sejak Oktober 2022 lalu.

"Semua yang dinilai oleh tim Kementerian Lingkungan hidup, bisa saya pastikan waktu itu kota Tondano sudah bersih. Adapun hasil pantuan mereka seperti permukiman, jalan, pasar dan pertokoan serta perkantoran dan masih banyak lagi yang tidak dapat disebut, semuanya sudah sesuai dengan penataan," kata Kaloh.

Dari sejumlah kriteria penilaian, lanjut dia, Kota Tondano dapat menunjukan nilai positif. Itu disebabkan, partisipasi dari banyak pihak seperti ASN, pihak Kecamatan maupun Kelurahan dan masyarakat yang peduli terhadap kebersihan.

"Dari semua kriteria penilaian, puji syukur dapat dilewati dengan baik tanpa hambatan. Pada akhirnya Kabupaten Minahasa bisa meraih Adipura," tuturnya. (N-2)  

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat