visitaaponce.com

Realisasi Investasi di Babel Mencapai Rp8,17 Triliun

Realisasi Investasi di Babel Mencapai Rp8,17 Triliun
Sejumlah wisatawan berkunjung di Pantai Tanjung Tinggi, Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, Rabu (20/7).(ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

REALISASI investasi di Provinsi Bangka Belitung (Babel) tahun lalu mencapai Rp8,17 triliun atau meningkat hampir dua kali lipat jika dibandingkan 2021.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Babel Darlan mengatakan realisasi periode 2021 sebesar Rp4,33 triliun, maka tahun lalu meningkat sebesar 188%.

"Realisasi investasi di Provinsi kita untuk 2022 meningkat dua kali lipat jika dibandingkan sepanjang 2021 yang hanya Rp4,33 triliun," kata Darlan, Selasa (28/3).

Baca juga: Babel Bentuk Satgas Karhulta

Darlan mengungkapkan meningkatnya investasi tersebut memberikan dampak baik pada penyerapan lapangan kerja, yakni terserap 1.972 orang tenaga kerja Indonesia dan 6 orang tenaga kerja asing.

"Kita patut bersyukur dengan meningkat realisasi investasi akan dapat mengurangi angka pengangguran," imbuhnya.

Baca juga: Populasi Sapi Diseluruh Babel Cuma 18.188 Ekor

Selain itu, dengan adanya investasi yang jelas akan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan serta meningkatkan daya beli masyarakat.

Darlan menyebutkan penanaman modal dalam negeri (PMDN) di Babel didominasi oleh sektor tanaman pangan dan perkebunan yang porsinya 32%, industri makanan 23%, industri logam dasar dan bahan logam 16%.

"Kalau penanaman modal asing itu hampir sama yakni tanaman pangan dan perkebunan, listrik, dan industri perdagangan dan serta perhotelan," tuturnya.

Melihat geliat realisasi investasi sepanjang 2022, Darlan menilai target tahun ini yang diprakirakan menjadi Rp10 Triliun akan tercapai. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat