visitaaponce.com

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sorong Gelar Pelatihan Keterampilan UMKM

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sorong Gelar Pelatihan Keterampilan UMKM
Sejumlah warga mengikuti pelatihan yang digelar Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sorong(MI/MARTINUS SOLO)

PEMERINTAH Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, menggelar pelatihan bagi warga. Bidang yang diajarkan mulai dari pelatihan mengemudi, pembuatan mebeler, perbengkelan dan tenun.

"Tujuan pelatihan yang digelar dinas tenaga kerja ini ialah memberikan edukasi kepada warga, khususnya orang asli Papua, agar mereka memiliki keterampilan. Dengan keterampilan itu, mereka bisa mendapatkan peluang kerja dan perbaikan ekonomi keluarga," ungkap Asisten III Pemkab Sorong, Kepas Kalasuat, saat membuka acara, Selasa (28/3).

Dia menambahkan pemerintah daerah diminta untuk menggelar program bagi masyarakat, guna menekan inflasi dan ancaman gejolak resesi global. Salah satu yang dipilih Pemkab Sorong ialah melatih dan memberikan keterampilan kepada UMKM dan warga, sehingga mereka tetap andal dalam perekonomian.

"Secara nasional, Indonesia kuat dan bisa bertahan terhadap gejolak resesi dan inflasi, dibandingkan dengan negara-negara di Eropa sekalipun. Pertumbuhan ekonomi Indonesia kuat dan mampu tumbuh," lanjutnya.

Karena itu, tambah Kepas, optimisme harus tetap dijaga. Pemerintah daerah juga mengambil peran untuk terus menumbuhkan perekonomian di wilayahnya.

"Kita memilih memperkuat UMKM, karena sektor usaha ini mampu bertahan di masa sulit. UMKM tetap tumbuh di tengah krisis ekonomi dan inflasi," tandasnya.

Kegiatan pelatihan diikuti oleh 132 Orang yang berasal dari seluruh distrik di Kabupaten Sorong. Pelatihan berlangsung selama 7 hari. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat