visitaaponce.com

Banjir Bandang Terjang Delapan Desa di Sumbawa, Belasan Rumah Hanyut

Banjir Bandang Terjang Delapan Desa di Sumbawa, Belasan Rumah Hanyut
Kendaraan truk yang ikut hanyut oleh banjir.(MGN/Moeis Damhoeiji.)

BANJIR bandang menerjang 8 desa di 3 kecamatan dalam Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Selasa (4/4) sore. Akibatnya, belasan rumah dan ternak hanyut. Banjir juga merusak jembatan dan jalan umum.

Dari delapan desa itu, dua berada di Kecamatan Lenangguar yakni Ledang dan Lenangguar. Satu desa di Kecamatan Empang yakni empang bawah. Lima desa terdampak banjir ada di Kecamatan Moyo Hulu yakni Lito, Semamung, Berang Rea, Semamung, dan Bage Loka.

Kecamatan terparah terdampak banjir bandang yakni Moyo Hulu, khususnya Desa Lito. Dalam data sementara, dilaporkan 17 rumah hanyut terseret banjir.

Baca juga: Hujan Enam Jam, Banjir Bandang Landa Dompu

Menurut Kepala Desa Lito, Maswarang, hujan deras mengguyur wilayah tersebut selama dua jam. Banjir bandang kemudian datang dan menerjang ke dalam permukiman.

Banyak rumah warga yang berada di bantaran sungai hanyut tersapu banjir. Demikian juga ternak warga banyak yang terseret air bah.

Kabid  Kedaruratan dan Logistik, Rusdianto, menjelaskan data sementara banjir menghanyutkan 17 rumah. Rinciannya, Desa Lito 5 rumah, Desa Batu Tering 5 rumah, Desa Sebasang 2 rumah, Desa Semamung 2 rumah, dan Desa Brang Rea 3 rumah.

Selain kerusakan rumah warga, infrastruktur atau fasilitas umum seperti jalan, jembatan, dan fasilitas air minum mengalami kerusakan. Belum lagi lahan pertanian warga siap panen juga rusak dihantam banjir. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat