visitaaponce.com

15 April, Tol Cisumdawu Dioperasikan untuk Mudik Lebaran

15 April, Tol Cisumdawu Dioperasikan untuk Mudik Lebaran
Foto udara kendaraan melintas di Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (16/12/2022).(ANTARA/RAISAN AL FARISI)

PEMERINTAH memastikan Tol Cileunyi–Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan mulai beroperasi pada Sabtu (15/4). Untuk seksi 4, 5, dan 6 dari Cimalaka sampai ke Dawuan akan beroperasi fungsional selama masa mudik Lebaran.

Kepastian itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy saat mengecek kondisi Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 pada Minggu (9/4) bersama jajarannya dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. 

“Pada 15 April 2023, Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 secara fungsional bisa digunakan. Semoga ini membantu memperlancar arus mudik di Jawa Barat dan sekitarnya,” ujar Muhadjir dalam keterangannya dikutip, Senin (10/4).

Baca juga: Menko PMK: Tol Cisumdawu Bisa Urai Kemacetan Mudik di Jawa Barat

Di lain pihak, Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan ruas tol tersebut hanya dibuka dengan waktu terbatas atau dari siang hingga sore pukul 15.00 WIB.

Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono menjelaskan, untuk pengaturan lalu lintas Tol Cisumdawu akan sepenuhnya mengikuti arahan Korlantas. Bisa saja nanti diterapkan contra flow atau arus berlawanan, satu arah atau one way, atau buka-tutup.

Baca juga: Tol Cisumdawu Siap Digunakan Saat Arus Mudik Lebaran

Kakorlantas Irjen Firman Santyabudi mengungkapkan, Tol Cisumdawu yang baru saja selesai dibangun untuk seksi 4, 5, dan 6 pada 15 April 2023, kondisinya masih tidak memungkinkan jika dioperasionalkan secara penuh pada masa mudik lebaran tahun ini.

“Informasi dari lapangan bahwa daerah tersebut masih berkabut. Itu riskan bagi para pengemudi dan kita tidak berharap mereka nanti terjebak pada saat malam hari," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat