visitaaponce.com

6 Juta Orang bakal Serbu Yogyakarta saat Libur Lebaran

6 Juta Orang bakal Serbu Yogyakarta saat Libur Lebaran
JALUR WISATA YOGYAKARTA PADAT SAAT LIBUR LEBARAN.(Antara)

PENJABAT Wali Kota Yogyakarta, Sumadi menyatakan, Kota Yogyakarta siap menerima kunjungan para pemudik dan pelancong saat libur Lebaran yang diprediksi mencapai 6 juta orang.

"Kami siap menerima kunjungan pemudik dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta," kata Sumadi di Balai Kota Yogyakarta, Jumat (14/4).

Aparat yang terkait sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan area parkir bagi pemudik. Tarif parkir yang dikelola oleh Pemkot Yogyakarta tidak akan dinaikkan, tetapi tarif parkir yang dikelola swasta diperkenankan naik maksimal 5 kali dari tarif dasar. Misalnya, tarif dasar sepeda motor adalah Rp2 ribu, sedangkan mobil Rp3.000.

Baca juga : Nikmati Momen Lebaran di Kotta GO Hotel Yogyakarta

Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Hari Purwanto menambahkan, khusus di Jalan Malioboro, kebijakan bebas kendaraan bermotor dari pukul 18.00-21.00 WIB di Malioboro akan ditiadakan pada H -3 sampai H+5.

"Manakala ada peningkatan kepadatan lalu lintas, kami akan melakukan kebijakan buka-tutup," kata dia.

Baca juga : Ini Tips Pesan Kamar Hotel di Masa Libur Lebaran

Kapolresta Yogyakarta, Kombes Saiful Anwar meminta kepada masyarakat agar melapor apabila menemukan tarif parkir yang melebihi ketentuan. Selain itu, pedagang makanan-minunan juga tidak menggunakan aji mumpung dengan menaikkan harga melebihi harga normal.

"Di luar batas itu bisa melaporkan karena itu bisa merusak Kota Jogja," kata dia

Pihaknya akan menyiapkan 5 Pospam, yaitu di Tugu Pal Putih, Teteg, Titik 0KM, Kawasan GL Zoo, dan Jalan Solo.

Pihaknya juga melakukan pengamanan di toko-toko emas dan perbankan untuk mengantisipasi kejahatan jalanan. Ia juga meminta masyarakat agar tetap waspada terhadap tindak kriminalitas.

"Tolong juga dibantu, masyarakat tetap waspadai jangan sampai lengah. Misalnya, sepeda motor jangan lupa dikunci dan kuncinya jangan jangan ditinggal," kata dia.

Jika meninggalkan rumah, pastikan rumah benar-benar sudah dikunci dan kompor sudah dimatikan. Ia mengatakan, Bhabinkamtibmas sudah melakukan pembinaan terkait siskamling untuk mengantisipasi tindak kriminalitas di permukiman. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat