visitaaponce.com

Jateng Mulai Dipadati Pemudik

Jateng Mulai Dipadati Pemudik
Penumpang menaiki kereta Motis Utara tujuan Semarang Tawang, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (14/4).(MI/ADAM DWI)

PUNCAK Mudik melalui Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang diperkirakan berlangsung Rabu (19/4) dan diperkirakan mencapai 8.400 orang. Pihak Bandara menambah 12 penerbangan.

Dari pantauan Mediai Indonesia pada Sabtu (15/4), jumlah pemudik yang menuju Jawa Tengah makin banyak dan tidak hanya di jalur udara, tapi juga di jalur darat dan laut.

Gelombang kendaraan pemudik semakin terasa di akhir pekan ini memasuki jalur pantura dan tol sejak dini hari tadi. Bahkan di tengah Semarang jelang siang lalu lintas sedikit tersendat.

"Kendaraan mudik masuk Jateng lebih meningkat dibanding sebelumnya, malam ini diperkirakan melonjak," ujar Plt Kepala Dishub Kota Pekalongan Soesilo.

Baca juga: Ratusan Perantau Medan Asal Jateng Ikuti Program Mudik Gratis Ganjar Pranowo

Geliat pemudik melalui jalur udara sendiri juga meningkat. Tercatat umlah penumpang pesawat di Bandara Ahmad Yani Semarang bertambah dari kondisi normal 5.291 orang per hari dengan jumlah penerbangan dilayani 45 pesawat per hari.

"Kita ajukan penambalan 12 extra flight berbagai rute tujuan dari empat maskapai, puncak mudik diperkirakan ada capai 8.400 penumpang," kata General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto.

Selain menambah jumlah penerbangan, jam operasional Bandara Ahmad Yani juga disesuaikan dan akan buka pukul 07.00-20.00 WIB.

Baca juga: Dijamin Aman Antimaling! Polres Jakpus Buka Penitipan Motor bagi Pemudik

Sementara Kepala PT KAI Daop 4 Semarang Wisnu Pramudyo memprediksikan puncak mudik dengan kereta api di wilayah ini diperkirakan terjadi Kamis (20/4) dengan perkiraan penumpang sebanyak 22 ribu orang.

"Ada 13 perjalanan reguler dan enam kereta api tambahan dengan kapasitas 17.188 tempat duduk per hari," tambahnya.

Di jalur laut, 500 pemudik gratis dari Jakarta dan sebanyak seribuan pemudik dari Kalimantan kembali turun dari kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. "Puncak mudik di sini diperkiraan terjadi Senin (17/4)," ujar General Manager Pelabuhan Tanjung Emas Herdianto. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat