visitaaponce.com

Dijamin Aman Antimaling Polres Jakpus Buka Penitipan Motor bagi Pemudik

Dijamin Aman Antimaling! Polres Jakpus Buka Penitipan Motor bagi Pemudik
Parkir motor di Polres Metro Jakarta.(Dok. MGN)

Polres Metro Jakarta Pusat menyediakan area parkir kendaraan bagi warga yang hendak mudik Lebaran 2023. Area kantor disediakan di delapan polsek hingga Polres Metro Jakarta Pusat. Bagi warga DKI Jakarta yang ingin mudik dan khawatir akan keamanan motornya, atau khawatir aksi curanmor bisa menitipkan motornya di lokasi tersebut.

"Kantong parkir yang kita sediakan ada sekitar 300 motor yang bisa kita dititipkan," ucap Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Komarudin saat dihubungi, Sabtu, (15/4).

Komarudin mengatakan masyarakat segera mendaftarkan kendaraan ke lokasi yang telah disediakan. Pasalnya areal tempat parkir yang disediakan tidak besar ada di delapan polsek dan polres Jakarta Pusat.

Baca juga: Tol Tangerang-Merak Beri Diskon 20 Persen untuk Para Pemudik

"Karena kapasitas terbatas makanya masyarakat kita himbau untuk mendaftar agar dapat menitipkan kendaraannya," terangnya.

Dia menjelaskan untuk skema penitipan kendaraan, masyarakat bisa langsung melapor ke polisi RW. Polisi RW kemudian akan mendata dan melaporkan ke Polres Metro Jakarta Pusat.

"Dari sanalah masyarakat akan bisa melaporkan kalo mau menitipkan kendaraannya," ucapnya.

Baca juga: Mudik Pakai Mobil Pribadi? Simak Tips Memeriksa Kesehatan Ban

Sementara itu, untuk skema pengaman wilayah Polres Metro Jakarta Pusat mengandalkan polisi RW untuk memetakan daerah yang penghuninya banyak mudik. Pemetaan itu dilakukan dengan cara masyarakat diminta melapor bila ingin mudik.

"Sehingga kita bisa memetakan wilayah mana yang banyak mudik , mana yang memang perlu mendapatkan pantauan khusus," tuturnya.

Rawan

Seperti diketahui, di bulan Ramadan, khususnya semakin mendekati Lebaran kasus pencurian motor (curanmor) memang meningkat di beberapa wilayah. Karena itu banyak warga yang merasa khawatir dan semakin meningkatkan keamanan kendaraannya.

Di masa mudik, kasus curanmor juga dikhawatirkan akan semakin meningkat. Itu karena akan ada banyak rumah yang kosong ditinggal penghuninya mudik ke kampung halaman.

Selain penitipan di kantor polisi, beberapa lembaga juga mencoba hadirkan solusi bagi motor pemudik yang ingin dititipkan atau dibawa ke kampung halaman. Di antaranya PT KAI yang menyediakan mudik gratis untuk motor dan TNI yang menyediakan mudik gratis untuk motor dengan menggunakan kapal perang.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat