visitaaponce.com

Jelang Dua Laga Terakhir Piala Dunia U-17, Dishub Solo Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Jelang Dua Laga Terakhir Piala Dunia  U-17, Dishub Solo Lakukan Rekayasa Lalu Lintas
Pekerja membersihkan jalan di sekitar Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah yang akan digunakan untuk final Piala Dunia U-17(Antara/Mohamad Ayudha)

DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta atau Solo menyiapkan berbagai skenario untuk menyambut pertandingan perebutan peringkat ketiga dan final Piala Dunia U-17 2023. 

Skenario yang dilakukan meliputi manajemen rekayasa lalu lintas, kantong parkir kendaraan bermotor, hingga operasional shuttle bus untuk para penonton menuju Stadion Manahan.

Kabid Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Ari Wibowo menyebut pihaknya akan terus memantau titik-titik kemacetan yang berpotensi terjadi di lampu lalu lintas (traffic light) terdekat dari Stadion Manahan.

Baca juga : Gelar Operasi Lintas Jaya, Pemprov DKI Incar Kendaraan yang Parkir Liar dan tidak Layak Operasi

"Ada delapan traffic light terdekat. Kami memiliki central control room yang terpantau CCTV. Lampu lalu lintas ini bisa kami intervensi untuk kelancaran lalu lintas," kata Ari Wibowo dalam sesi konferensi pers di Pusat Informasi Piala Dunia U-17 2023 di Hotel Solia Zigna Kampung Batik Solo, Kamis (30/11).

"Kami juga memantau perjalanan atlet, wasit hingga ofisial FIFA dari beberapa hotel menuju Stadion Manahan. Dengan demikian kelancaran dan kenyamanan perlu kami utamakan. Saat mereka mendekat, traffic light akan langsung kami hijaukan, sehingga mereka tidak terhambat," ujarnya.

Selain itu, Dishub akan menerjunkan petugas di sejumlah lokasi yang terdampak kepadatan maupun titik-titik penyeberangan jalan, terutama yang menjadi titik konsentrasi penonton di area Stadion Manahan.

Baca juga : Petugas Nyangkut di Kap Taksi Daring, Ini Penjelasan Kepala Dishub DKI

Sejumlah kantong parkir juga telah disediakan oleh Dinas Perhubungan di sekitar Stadion Manahan. Penonton diminta untuk tidak memarkirkan kendaraannya di lokasi-lokasi yang terdapat larangan parkir.

Kepala UPT Dishub Perparkiran Kota Solo, Haryono Nugroho, mengatakan jalan yang berada di sekitar Stadion Manahan bakal kembali disterilkan dari parkir kendaraan bermotor.

"Kami akan memasang barikade penutupan jalan sesuai dengan standar yang diinginkan FIFA di jalan yang melingkari Stadion Manahan akan steril dari parkir, yakni Jalan KS Tubun, Jalan Adi Sutjipto, dan Jalan Menteri Supeno," kata Haryono Nugroho.

Untuk laga perebutan peringkat ketiga dan final, Dishub juga menambah kantong parkir. Lokasinya yang dekat area Stadion Manahan berada di SMA 4 Solo, SMK 2 Solo, RS Bhayangkara, dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Adapun lokasi-lokasi parkir yang cukup jauh dari Stadion Manahan terletak di Lapangan Sumber dan Terminal Tirtonadi. Dari dua lokasi itu penonton bisa memanfaatkan fasilitas shuttle bus. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat