visitaaponce.com

Gelar Operasi Lintas Jaya, Pemprov DKI Incar Kendaraan yang Parkir Liar dan tidak Layak Operasi

Gelar Operasi Lintas Jaya, Pemprov DKI Incar Kendaraan yang Parkir Liar dan tidak Layak Operasi
Ilustrasi--Puluhan kendaraan parkir di kawasan larangan parkir di Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.(MI/Usman Iskandar)

SEKRETARIS Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan Operasi Lintas Jaya 2024, salah satu tujuannya adalah mewujudkan kelancaran dan ketertiban lalu lintas di Ibu Kota.

"Sasaran utama Operasi Lintas Jaya adalah kendaraan-kendaraan yang parkir bukan pada tempatnya atau parkir liar dan kendaraan yang tidak layak jalan namun tetap beroperasi di jalan," jelas Joko melalui keterangan tertulis, Rabu (31/1).

Joko menjelaskan Operasi Lintas Jaya 2024 akan melibatkan 478 personel Dinas Perhubungan, 83 personel TNI, dan 144 personel Polri.

Baca juga : Parkir Liar di Kota Malang Bikin Warganet Geram

Dalam berpatroli, para petugas akan dilengkapi sarana dan prasarana, antara lain 55 unit mobil patroli, 125 unit mobil derek, 10 unit truk angkut, dan 186 unit motor listrik. 

"Operasi Lintas Jaya bertujuan untuk mewujudkan aspek keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam bertransportasi," jelasnya.

Menurut Joko, Operasi Lintas Jaya yang telah dilakukan selama tiga tahun terakhir ini memberikan hasil positif.

Baca juga : Dishub Kota Malang Deteksi Pergerakan Pemudik Lebih Awal

Salah satunya, terjadi peningkatan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

“Pada 2023, terdapat perubahan yang signifikan terhadap angka kendaraan yang melakukan pelanggaran dibandingkan 2022. Ini menjadi hal yang baik, sebagai pertanda meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas,” ujar Joko.

Sebelumnya, apel gabungan yang diadakan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat diikuti personel Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). (Z-1)

Baca juga : Polri Perketat Penggunaan Pelat Nomor Khusus ZZ

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat