visitaaponce.com

Dishub Kota Malang Deteksi Pergerakan Pemudik Lebih Awal

Dishub Kota Malang Deteksi Pergerakan Pemudik Lebih Awal
Inspeksi Bus di Terminal Arjosari Malang, Jatim.(MI/Bagus Suryo)

PEMERINTAH Kota Malang, Jawa Timur, memantau pergerakan pemudik yang ternyata lebih awal, dengan menyiagakan 120 personel di sejumlah titik.

"Kami memantau pemudik yang pulang kampung lebih awal berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan," tegas Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang R Widjaja Saleh Putra, Minggu (9/4).

Sejauh ini, persiapan masa angkutan Lebaran 2023 sudah berlangsung. Petugas pun sudah mendeteksi pergerakan pemudik yang pulang lebih cepat. Karena itu, ia memastikan arus lalu lintas lancar bersama polisi.

Baca juga : Pemudik di Terminal Pondok Pinang Keluhkan Kenaikan Harga Tiket

Menurutnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno sempat mengecek kesiapan terminal Bus Arjosari Malang, belum lama ini. Selain kesiapan armada bus juga infrastruktur di terminal itu dicek kelayakannya.

Dalam konteks ini selaras dengan kesiapan Kota Malang dalam menyambut pemudik. Adapun perkiraan pemudik bakal masuk kota berjuluk Kota Pendidikan ini sekitar 2 juta sampai 3 juta orang. Sesuai prediksi Kemenhub, sebanyak 123,8 juta pemudik bakal ke luar Jakarta menuju berbagai daerah termasuk Malang.

Baca juga : Sumbar Uji Coba One Way di Jalur Padang-Bukittinggi

Diperkirakan, pemudik berkendaraan roda empat sekitar 27 juta dan kendaraan roda dua 22 juta. "Pemudik masuk Malang sekitar 1,6%. Mereka bisa jadi warga Malang atau hanya melintasi jalur," ujarnya.

Untuk itu, ia memastikan kesiapan personel yang nanti bertugas bersama polisi dan TNI dalam pengamanan. Sedangkan pos pengamanan berada di enam lokasi, yakni Jalan Ahmad Yani memantau arus lalu lintas dari exit tol Singosari sampai Malang Creative Center (MCC) memasuki pusat kota.

Adapun pos pengamanan lainnya di Jalan Soekarno Hatta, simpang lima jalan Tunggul Wulung dan Jembatan Tunggul Mas, termasuk pos pengamanan Kacuk dan exit tol Madyopuro memantau pergerakan pemudik mulai dari Jalan Raya Ki Ageng Gribig sampai Jalan Mayjen Sungkono. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat