visitaaponce.com

Keraton Yogyakarta Tetapkan Idulfitri 1 Sawal pada Sabtu

Keraton Yogyakarta Tetapkan Idulfitri 1 Sawal pada Sabtu
Ilustrasi.(MI/Widjajadi.)

KERATON Yogyakarta menetapkan 1 Sawal Tahun Ehe 1956 (Kalender Jawa Sultanagungan) bertepatan dengan hari Sabtu 22 April 2023. Dalam rangkaian perayaan Idulfitri atau Riyaya ini, Keraton Yogyakarta menggelar serangkaian kegiatan antara lain prosesi Garebeg Sawal.

Penghageng KHP Parasraya Budaya Keraton Yogyakarta GKR Maduretno dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, serangkaian kegiatan ini sebagian besar digelar secara terbuka untuk umum. "Berbeda dengan tiga tahun sebelumnya yang dilakukan secara terbatas karena pandemi, pelaksanaan tahun ini digelar sebagaimana mestinya secara luring. Utamanya pelaksanaan prosesi Garebeg Sawal akan dilakukan dengan iring-iringan 10 Bregada Prajurit Keraton yang mengawal tujuh gunungan," katanya.

Dikatakan sebelum penyelenggaraan garebeg, akan dilakukan prosesi pembuatan gunungan di Panti Pareden Kompleks Magangan Keraton Yogyakarta. Pembuatan gunungan ini, katanya, diawali dengan upacara Numplak Wajik yang diadakan pada Rabu (19/4) sore hari, dan hari berikutnya, Kamis, digelar Gladi Resik Bregada Prajurit dengan menggunakan rute seperti rute prosesi Garebeg, mulai dari Pelataran Kamandungan Kidul hingga Masjid Gede. 

Baca juga: Laporan terhadap Tiktoker Bima Dihentikan Polda Lampung

Sedangkan pada Sabtu diadakan prosesi gunungan atau Garebeg Sawal dari Keraton Yogyakarta menuju Pelataran Majid Gede, Kepatihan Danurejan, dan Puro Pakualaman. Pementasan wayang kulit Bedhol Songsong mengambil lakon Jumenengan Prabu Kresno yang akan diadakan di Pagelaran Keraton Yogyakarta. Keseluruhan agenda, jelasnya, bersifat terbuka dan dapat disaksikan oleh umum serta disiarkan melalui Instagram live @kratonjogja dan live streaming Youtube Kraton Jogja. 

Agenda Hajad Dalem Ngabekten yang dilakukan selama dua hari pada Sabtu (22/04) dan Minggu (23/04) bersifat tertutup. "Ngabekten sendiri adalah tradisi sungkeman di Keraton Yogyakarta sebagaimana masyarakat muslim pada umumnya saat merayakan Idulfitri. Ngabekten akan diikuti kepala daerah kabupaten/kota, Sentana Dalem/kerabat, dan para Abdi Dalem," katanya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat