visitaaponce.com

Arti Taqabbalallahu Minna wa Minkum dan Cara Menjawab

Arti Taqabbalallahu Minna wa Minkum dan Cara Menjawab
Ilustrasi.(MI/Ramdani.)

UCAPAN taqabbalallahu minna wa minkum kerap kali kita dengar saat Idulfitri. Istilah ini diucapkan kepada sesama muslim saat perayaan Hari Raya Idulfitri. Pada umumnya, ucapan taqabbalallahu minna wa minkum diucapkan bersama dengan ucapan minal aidin wal faizin.

Namun, mungkin masih ada sebagian orang yang belum mengetahui arti taqabbalallahu minna wa minkum yang sebenarnya. Sebagai umat Islam, kamu perlu memahami arti taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya agar tidak bingung ketika ada seseorang yang mengucapkannya saat momen Idulfitri.

Lantas seperti apa arti taqabbalallahu minna wa minkum dan bagaimana cara menjawab taqabbalallahu minna wa minkum? Simak selengkapnya penjelasan di bawah ini.

Arti taqabbalallahu minna wa minkum

Memahami arti taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya menjadi salah satu cara agar kamu bisa menjalani amalan sunah saat momen Hari Raya. Selain itu, kalimat taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya termasuk salah satu ucapan Idulfitri yang disunahkan dan dibenarkan dalam Islam.

Baca juga: Minal Aidin wal Faizin Arti, Penulisan, Pengucapan yang Benar

"Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah SAW berjumpa dengan hari Id (Idul Fitri atau Idul Adha), satu sama lain saling mengucapkan, 'Taqabbalallahu minna wa minkum.'"

Tulisan Arab taqabbalallahu minna wa minkum

Selain tulisan Arab taqabbalallahu minna wa minkum versi singkat yang sering diucapkan, ada pula versi panjangnya.

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عاَمٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ

Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja'alanallahu wa iyyakum minal 'aidin wal faizin wal maqbulin kullu 'aamin wa antum bi khair.

Baca juga: Rincian Delapan Golongan yang Berhak Memperoleh Zakat

Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah) dan setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan."

Versi singkat taqobalallahu minna wa minkum.

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك

Taqobalallahu minna wa minkum.

Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan amal ibadah kalian semua.

Jawaban ucapan taqabbalallahu minna wa minkum

Setelah memahami arti taqabbalallahu minna wa minkum, ketahui cara menjawabnya. Bagaimana jawaban dari ucapan taqabbalallahu minna wa minkum?

Baca juga: Bacaan Salat Idulfitri dalam Arab, Latin, dan Arti

Cara menjawab taqabbalallahu minna wa minkum bisa dengan taqabbal ya karim yang berarti, "Ya Allah yang Maha Mulia, terimalah amalan kami."

Atau kamu juga bisa menjawab taqabbalallahu minna wa minkum dengan ucapan yang sama, taqabbalallahu minna wa minka. Arti taqabbalallahu minna wa minkum dan jawaban taqabbalallahu minna wa minka memiliki makna yang sama.

Selain dari arti dan cara menjawan taqabballahu minna wa minkum, penting bagi anda untuk mengetahui hukum untuk menjawab ucapan tersebut sebagai berikut.

Hukum menjawab ucapan taqabbalallahu minna wa minkum

Ketika kamu sudah paham arti taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya, terapkanlah saat ada yang kerabat yang mengucapkan kalimat tersebut saat Idulfitri. Hukum menjawab ucapan taqabbalallahu minna wa minkum ialah wajib.

Baca juga: Contoh Sambutan Halalbihalal Idulfitri Singkat

Dalam Majmu Fatawa (24/253), Ibnu Taimiyah pernah ditanya mengenai dasar hukum syariat dalam ucapan Idulfitri. Kemudian, mengisahkan bahwa ucapan taqabbalallahu minna wa minkum wajib dijawab.

Ini telah diriwayatkan oleh sebagian sahabat bahwa dahulu mereka melakukannya dan dibolehkan sebagian Imam seperti Ahmad dan lainnya. Namun Ahmad berkata, "Aku tidak mau memulainya lebih dahulu. Namun jika seseorang mengucapkannya kepadaku, aku menjawabnya, karena itu jawaban ucapan selamat yang hukumnya wajib." (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat