visitaaponce.com

Minal Aidin wal Faizin Arti, Penulisan, Pengucapan yang Benar

PADA perayaan Idul Fitri, biasanya kita mendengar ucapan minal 'aidin wal faizin. Bahkan ada sejumlah lagu yang menyenandungkan ucapan minal 'aidin wal faizin.

Namun ada beberapa orang yang mengucapkan minal 'aidin wal faizin dengan tidak tepat. Banyak juga yang tidak tahu arti minal 'aidin wal faizin. Berikut penjelasan tentang penulisan dan pengucapan minal 'aidin wal faizin yang benar serta artinya. Yang pasti, artinya bukan mohon maaf lahir batin ya.

Penulisan minal 'aidin walfaizin

مِنَ العَائدِيْنَ والفَائِزِينَ

Minal 'aa idiin wal faa iziin.

Baca juga: Doa Zikir Mudik agar Selamat dalam Perjalanan

Dari penulisan itu dapat diketahui pengucapan yang benar sesuai kaidah bahasa Arab. Pengucapan yang tidak mengikuti kaidah bahasa Arab tergolong salah dan dapat mengubah arti.

Pengucapan minal 'aidin wal faizin yang salah

Contoh pertama pengucapan minal 'aidin wal faizin yang salah, yaitu pada kata 'aidin. Kita tahu kata 'aidin terdiri dari huruf ع ('ain), إ (hamzah), dan د (dal).

Jadi jika dibaca aydin setidaknya ada dua kesalahan. Pertama, pengucapan huruf pertama menggunakan huruf إ (hamzah) menggantikan huruf ع ('ain). Kedua, pengucapan huruf kedua memakai huruf ي (ya) bukan huruf إ (hamzah).

Baca juga: Doa-Doa Perjalanan Bepergian Mudik, Wisata, Tugas agar Selamat

Kesalahan selanjutnya pengucapan aidzin atau aizin, bukan 'aidin. Di sini huruf د (dal) di huruf ketiga diubah menjadi huruf ذ (dzal) dan ز (zai).

Begitu pun pada kata faizin yang terdiri dari huruf فَ (fa), إ (hamzah), dan ز (zai). Jadi, salah bila ada yang mengucapkan dengan faidin atau faidzin. Kata faidin atau faidzin menggantikan huruf ز (zai) dengan huruf د (dal) dan huruf ذ (dzal).

Arti minal aidin wal faizin

مِنَ العَائدِيْنَ والفَائِزِينَ

Minal 'aa idiin wal faa iziin.

Termasuk orang yang kembali dan menang.

Baca juga: Niat Mengeluarkan Zakat Fitrah dan Doa bagi Pemberi Zakat

Pengertian umum minal 'aidin wal faizin yaitu semoga termasuk orang-orang yang kembali dan menang. Maksud orang yang kembali yaitu kembali pada fitrah atau kesucian setelah puasa Ramadan dan semoga termasuk orang yang mendapatkan kemenangan. Jadi, arti minal 'aidin wal faizin bukan mohon maaf lahir batin ya.

Ucapan lengkap minal aidin wal faizin

Ucapan lengkap minal aidin wal faizin merupakan doa. Ada dua bentuk ucapan lengkap minal aidin wal faizin.

Ucapan lengkap pertama yaitu allahummaj'alna minal 'aidin wal faizin berarti ya Allah jadikanlah kami termasuk orang-orang yang kembali dan menang. Ada pula ja'alanallahu wa iyyakum minal aidin wal faizin berarti semoga Allah menjadikan kami dan Anda sebagai orang-orang yang kembali dan beruntung.

Baca juga: Doa Menerima Zakat Fitrah Arab, Latin, dan Arti

Nah, sekarang sudah paham kan arti, penulisan, dan pengucapan yang benar dari minal 'aidin wal faizin? Silakan mengucapkan minal 'aidin wal faizin saat bertemu dengan keluarga dan sahabat saat Idul Fitri. Selamat Lebaran ya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat