visitaaponce.com

Wisata Masa Lebaran Sumbang PAD Kota Batu Rp2,17 Miliar

Wisata Masa Lebaran Sumbang PAD Kota Batu Rp2,17 Miliar
Pengunjung berfoto dengan latar belakang Ladang Bunga Matahari di Pandanrejo, Bumiaji, Batu, Jawa Timur,(ANTARA FOTO/Muhammad Mada)

LIBUR Lebaran 2023 menjadi berkah tersendiri bagi Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur. Selama liburan, pendapatan asli daerah mencapai Rp2,17 miliar.

"Selama seminggu masa lebaran, Pemkot Batu bisa meraup potensi pendapatan daerah sebesar Rp 2,17 miliar,” kata Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai di Surabaya, Jumat (282).

Menurutnya, serbuan wisatawan ke kota wisata Batu datang dari berbagai penjuru daerah. Selama seminggu saja, menjadikan putaran uang di Batu menggelembung begitu pesat.

"Hadirnya wisatawan sangat mendukung perekonomian Kota Batu. Makanya pelayanan kepada wisatawan akan terus kami tingkatkan,” lanjut dia.

Aries menjelaskan, asumsi pedapatan tersebut dihitung berdasarkan pemasukan beberapa sektor. Antara lain pajak hotel, restauran, hiburan dan retribusi parkir. Tingkat keterisian kamar hotel mencapai 70%-85%.

“Perhitungan kami, selama seminggu, omset pendapatan berbagai sektor tadi di kisaran Rp 21,9 miliar,” kata Aries.

Putaran uang ini belum termasuk sektor lainnya yang dampaknya langsung bisa dirasakan masyarakat Kota Batu.

Di sisi lain, Aries menyebutkan, selama libur lebaran, pada 18–25 April 2023, jumlah kendaraan keluar masuk Kota Batu cukup tinggi. Dari pantauan Intellegent Traffic System (ITS) dicatatkan ada 786.309 unit kendaraan.

“Jumlah ini meningkat 27,30% dibanding hari libur biasa. Paling padat terjadi pada 24 April dengan jumlah 123.600 unit kendaraan,” ujarnya.

Ditambahkan dia, tingginya volume kendaraan yang keluar masuk di Kota Batu terpantau cukup aman dan terkendali. Semua ini hasil kolaborasi semua elemen, khususnya Pemerintah, Polri dan TNI, ormas dan juga peran serta seluruh masyarakat Batu.

“Terima kasih kepada semua pihak ikut menjaga keamanan dan kenyamanan di Kota Batu,” tandas Aries. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat