visitaaponce.com

Libur Lebaran Usai, Kunjungan Wisatawan di Jogja di Bawah Ekspektasi

Libur Lebaran Usai, Kunjungan Wisatawan di Jogja di Bawah Ekspektasi
Kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, DIY.(Antara)

PARIWISATA di Yogyakarta, DIY, selama libur Lebaran tahun ini berada di bawah ekspektasi. Bahkan, jumlah wisatawan pada lebaran tahun ini lebih rendah dari tahun lalu.

Ketua Pehimpunan Hotel dan Restoran Indonesia DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan rata-rata okupansi hotel maksimal hanya mencapai 80%. "Padahal, pada tahun lalu okupansi bisa mencapai 90%," bebernya.

Okupansi hotel hingga 80 persen terjadi pada H+4 sampai H+6. Pada tahun lalu, okupansi hotel bisa mencapai 90 persen pada H+3 sampai H+7.

Baca juga : Sepekan Lebih Setelah Lebaran, 33 Perusahaan di Yogyakarta Belum Bayar THR Lebaran

Ia menilai, turunnya okupansi hotel tahun ini secara tidak langsung masih ada kaitan dengan kebijakan larangan ASN untuk bukber. Para ASN takut disorot ketika menginap di hotel.

Pihaknya berharap, turunnya okupansi hotel saat lebaran tahun ini bisa ditutup dengan okupansi hotel pada Mei. "Reservasi hotel bintang dan nonbintang rata-rata 89%-90% (pada Mei)," kata dia.

Baca juga : Perahu Dihantam Ombak Pantai Pasir Putih, Satu Wisatawan Tewas

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Data Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi menyampaikan, jumlah wisatawan yang berkunjung destinasi-destinasi wisata yang dikelola Pemkab Bantul, dari 21 hingga 30 April 2023, mencapai 230.510 orang. Jumlah tersebut memberi sumbangan sebesar Rp2,19 miliar kepada Pendapatan Asli Daerah Pemkab Bantul.

Walau terbilang besar, kunjungan wisatawan lebaran tahun ini masih di bawah target. Pasalnya, sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo pernah menyampaikan, target pendapatan dari kunjungan wisatawan selama libur lebaran tahun ini adalah antara Rp2,5 miliar hingga Rp3 miliar atau 250 ribu hingga 300 ribu wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo pun mengakui, geliat pariwisata di DIY meleset dari perkiraan. "Dari pantauan kami, tampaknya ada sedikit penurunan kunjungan daripada libur Lebaran tahun lalu," terang dia.

Jumlah wisatawan pada momen lebaran tahun ini sekitar 70 persen dari tahun lalu. Pihaknya pun akan mengevaluasi turunnya angka kunjungan wisatawan ke Jogja pada libur lebaran tahun Ini. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat