visitaaponce.com

Siap-siap, Tarif Tol Medan-Binjai Bakal Naik

Siap-siap, Tarif Tol Medan-Binjai Bakal Naik
Jalan Tol Medan-Binjai(Antara/Irsan Mulyadi)

PT Hutama Karya (Persero) selaku badan usaha jalan tol (BUJT) yang mengelola Tol Medan–Binjai menginformasikan dalam waktu dekat akan dilakukan penyesuaian tarif kepada ruas tol tersebut.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menyampaikan sejak beroperasi di 2017, belum ada kenaikan tarif tol Medan-Binjai. 

Seharusnya sudah dilakukan penyesuaian tarif pada 2019 dan 2021 yang lalu. Namun, ditunda berkali-kali. Penundaan ini disebabkan kondisi pandemi covid-19 dan kenaikan harga bahan bakar minyak hingga 30% pada Oktober 2022.

Baca juga : Hari Ini Tol Lima Puluh Junction Indrapura Resmi Berlakukan Tarif

“Dengan pertimbangan perekonomian telah pulih kembali, di mana inflasi di April 2023 ini lebih rendah dari Oktober tahun lalu. Jadi, sudah tepat untuk dilakukan penyesuaian tarif saat ini," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (4/5).

Penyesuaian tarif yang diberlakukan dalam waktu dekat sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 2 tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas UU No.38 Tahun 2004 tentang Jalan pada pasal 48 ayat 3 yang menyebutkan penyesuaian tarif jalan tol dapat dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) jalan tol.

Hutama Karya berkomitmen bahwa penyesuaian tarif pada ruas tol tersebut telah diikuti dengan pemenuhan dan SPM dengan terus melakukan pemeliharaan dan peningkatan pada layanan transaksi maupun operasional. 

Saat ini Tol Medan-Binjai dilengkapi 26 gardu transaksi yang tersebar di empat gerbang tol (GT) yakni GT Binjai, GT Semayang, GT Helvetia dan GT Marelan.

Membentang sepanjang 16,72 kilometer, tarif Tol Marelan-Binjai (Medan-Binjai) saat ini untuk golongan I dipatok Rp13.000, golongan II Rp19.500, golongan III Rp19.500, golongan IV dan V sebesar Rp26.000. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat