visitaaponce.com

KAHMI Sumatra Utara Gelar UMKM Expo di Binjai

KAHMI Sumatra Utara Gelar UMKM Expo di Binjai
Sekda Pemko Binjai Irwansyah Nasution bersama Ketua MW KAHMI Sumut Rusdi Lubis mengunjungi UMKM Expo.(Dokpri.)

UMKM Expo digelar Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sumatra Utara (Sumut) pada 23-24 September 2023 di Lapangan Merdeka Kota Binjai. Acara ini berlangsung semarak dan disambut antusias kalangan pengusaha lokal.

Terkait hal itu, Pemerintah Kota Binjai melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Irwansyah Nasution mengapresiasi UMKM Expo yang digelar KAHMI Sumut dalam rangkaian perayaan Milad ke-57 KAHMI. Menurut Irwansyah yang hadir mewakili Wali Kota Binjai, Amir Hamzah, pelaksanaan UMKM Expo sangat membantu pelaku UMKM khususnya, untuk kembali bangkit pascapandemi. "Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada MW KAHMI Sumut. Kehadiran UMKM Expo membuat UMKM di Binjai semakin bergairah dalam produksinya dan UMKM yang mayoritas diproduksi rumahan bisa terus tumbuh," ujar Irwansyah dalam keterangan tertulis, Senin (25/9/2023).

Ketua MW KAHMI Sumut Rusdi Lubis mengatakan MW KAHMI di Sumut bertekad tampil beda dengan provinsi lain. Demikian juga KAHMI di Kota Binjai dan kabupaten/kota lain di Sumut. Irwansyah bersama Rusdi mengunjungi UMKM Expo pada Sabtu (23/9). "Dengan tampil beda di periode ini, KAHMI bisa disebut hebat. Selanjutnya ini menjadi penyemangat bagi pengurus periode selanjutnya untuk terus berbuat," ujar Rusdi Lubis.

Baca juga: Banjir Rusak 430 Hektare Lahan Sawah di Pasaman Barat

Rusdi juga menyebutkan pihaknya meluncurkan 17 buku yang merupakan refleksi dan dokumentasi berbagai acara/kegiatan selama tiga tahun masa kepengurusannya. Sebanyak 500 kegiatan yang pernah digelar dan menghasilkan karya sebanyak 34 buku ditulis Sekretaris Umum MW KAHMI Sumut Dadang Darmawan. Beberapa judul buku yang diluncurkan di antaranya Urgensi Surat Keputusan. Buku ini berisi tentang dokumentasi 24 surat keputusan majelis daerah dari seluruh Sumut. Selanjutnya buku Koordinasi Majelis Daerah berisi tentang Pelaksanaan Kegiatan Rakorwil I KAHMI Sumut Oktober 2022.

Menurutnya, KAHMI sangat memegang teguh filosofi yaitu janganlah menulis di atas air, melainkan tulislah di atas batu. "Filosofi ini memiliki makna, janganlah hal baik ditulis di atas air, sebab tulisan itu akan sirna dibawa arus air. Namun ingatlah, hal-hal baik harus dituliskan di atas batu sehingga akan ada kenangan bagi penerus selanjutnya," ujar Rusdi.

Baca juga: 9 Negara Pamerkan Lukisan di Borobudur

Ketua Panitia, Leriadi, melaporkan pelaksanaan UMKM Expo yang melibatkan lebih dari 70 pelaku UMK lokal, tak hanya dari Binjai, tetapi juga Langkat dan Medan. "Pada UMKM Expo ada 70-an pelaku UMKM yang membuka stan, mulai dari makanan minuman, handicraft, pakaian jadi, dan lainnya. Para pelaku UMKM sengaja kami undang karena sesuai tema milad KAHMI tahun ini," ujar Leriadi. Selain UMKM Expo, tambah Leriadi, digelar kegiatan lain yang memberi dampak bagi masyarakat sekitar seperti jalan santai, potong rambut gratis, dan launching buku. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat