visitaaponce.com

JQR Berkolaborasi Memberikan Rasa Aman pada Wisatawan di Jawa Barat

JQR Berkolaborasi Memberikan Rasa Aman pada Wisatawan di Jawa Barat
Wisatawan memenuhi Pantai Pangandaran. Jawa Barat, pada musim libur Lebaran 2023( ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

JABAR Quick Response (JQR) melakukan pemantauan dan edukasi di
lokasi objek wisata di wilayah Jawa Barat pada libur Lebaran 2023.
 
JQR melakukannya di beberapa objek wisata pantai seperti Pantai Pangandaran, Batukaras, Madasari, serta di Garut Selatan seperti Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, Pantai Rancabuaya, dan Pantai Plentong Indramayu.

Muhammad Irvan Hilmy, Koordinator Operasional JQR mengatakan pemantauan keselamatan wisata dilakukan JQR berkolaborasi dengan
Balawista Pangandaran, Polairud, potensi dan unsur SAR lainnya.
Tujuannya adalah menjaga keselamatan para wisatawan yang tengah berlibur bersama sanak saudaranya.

"Intinya pemantauan ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk warga Jawa Barat yang sedang berlibur, agar kejadian yang tak diinginkan tidak terjadi dan meminimalkan kecelakaan khususnya di tempat objek wisata air, " ungkapnya, Jumat (5/5).

JQR juga memberikan bantuan logistik kepada para penjaga pantai yang bertugas.

Selain kawasan pantai, JQR melakukan pemantau di beberapa objek wisata lainnya seperti di Situ Bagendit Garut, serta pemantauan di beberapa gunung seperti gunung Guntur, Gunung Sagara, dan Gunung Cikuray, karena sejumlah warga memanfaatkan hari libur Lebaran untuk mendaki gunung.

Irvan menambahkan pemantauan juga akan dilakukan lebih terstruktur dan melibatkan lagi potensi di daerah-daerah di seluruh objek wisata di Jawa Barat.

Balawista


Sementara itu, salah satu petugas pantai yang tergabung dalam Balawista, Liano menjelaskan selama H-1 lebaran sampai H+3 lebaran di tempat objek wisata Pangandaran tidak ada kejadian kecelakaan yang fatal.

"Para petugas pantai dari Balawista tak henti-hentinya bekerja mulai dari pagi sampai malam hari. Kami selalu mengingatkan para pengunjung wisata untuk mentaati rambu-rambu yang sudah dipasang," tambahnya.

Liano menambahkan petugas pantai dengan pelaku usaha berkolaborasi untuk saling mengingatkan para wisatawan untuk berhati-hati. "Kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di pesisir pantai." (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat