visitaaponce.com

Universitas Maranatha Adakan Pendampingan Kesehatan untuk Lansia

Universitas Maranatha Adakan Pendampingan Kesehatan untuk Lansia
Kegiatan pendampingan lansia yang dilakukan Universitas Maranatha di Posbindu Tulip di Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cicendo, Bandung.(MI/NAVIANDRI)

MENURUNNYA kualitas hidup karena lanjut usia menjadi perhatian tersendiri bagi Universitas Maranatha Bandung, Jawa Barat.

Melalui program pengabdian kepada Masyarakat (PKM), Universitas Maranatha mencoba berkontribusi untuk memberikan solusi bagi masyarakat khususnya para lansia. Tujuannya agar permasalahan yang berhubungan dengan penurunan kualitas hidup dan menjadi beban masyarakat  produktif serta negara dapat teratasi.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha Dr Diana Krisanti Jasaputra mengatakan berdasarkan hasil riset dari PKM Pengembangan Lansia Mandiri di Posbindu Tulip RW 03, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cicendo, Bandung, para lansia ingin sehat dan bahagia.

Baca juga: Lansia dan Pemanasan Global

Melalui pemeriksaan dan pendampingan kesehatan fisik diharapkan itu dapat mewujudkan impian mereka menjadi lansia mandiri. PKM dilakukan dengan mengunjungi secara langsung Posbindu Tulip dengan metode service learning agar Tim Pengabdi dapat membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi

"Melalui kegiatan PkM yang bertema Pendampingan lansia dalam pembinaan kesehatan fisik ini, Tim Pengabdi berharap dapat membantu Posbindu Tulip untuk mengembangkan para lansia agar lebih mandiri. Sehingga para lansia dapat membahagiakan dirinya dan orang disekitarnya. Tim Pengabdi juga berharap dapat memiliki model pembinaan untuk para lansia di seluruh Indonesia," jelasnya.

Selain itu kata Diana, Tim Pengabdi berharap dapat mendukung atau berkontribusi pada pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) antara lain IKU 3 (Dosen berkegiatan di luar kampus), IKU 6 (kerja sama dengan mitra), IKU 2 (mahasiswa berkegiatan di luar kampus), IKU 5 (hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat).

Baca juga: Manfaatkan Layanan Safari Ramadan, Lansia Lamongan Cek Kesehatan Gratis

Dekan Fakultas Bisnis Universitas Maranatha Tan Ming Kuang menambahkan, pelaksanaan kegiatan di Posbindu Tulip dilakukan selama periode Mei hingga Juni.

"Pemenang lansia mandiri akan diberikan reward berlibur bersama keluarganya untuk dapat membahagiakan anggota keluarganya berkat effort dan semangat  yang dilakukan atas kerja keras para lansia untuk menjadi lebih baik dari segi kesehatan fisik," ungkapnya.

Menurut Tan Ming Kuan, akhir dari keseluruhan PKM adalah sebagai upaya Tim Pengabdi mendukung pengembangan Sekolah Lansia di Kecamatan Cicendo, Bandung, dengan memberikan calon mahasiswa untuk mengikuti sekolah lansia.(Z-6)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat