visitaaponce.com

Lestarikan Budaya Melayu, GMC Kalteng Gelar Lomba Pantun

Lestarikan Budaya Melayu, GMC Kalteng Gelar Lomba Pantun 
Lomba Pantun yang digelar GMC Kalteng(Dok. GMC)

SUKARELAWAN Ganjar Milenial Center (GMC) Kalimantan Tengah mengajak masyarakat di Desa Bakambat, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah untuk melestarikan budaya Melayu lewat lomba pantun.

Korwil GMC Kalteng M Rosyid Ridho mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu bentuk pelestarian pembangunan di dalam bidang kebudayaan.

Selain itu, lomba tersebut juga dilakukan untuk menumbuhkan kepedulian, apresiasi, dan juga kecintaan masyarakat terhadap adat dan seni budaya bangsa di Kabupaten Kapuas.

Baca juga Ganjar Ajak HIPMI Optimalkan Program Ekonomi Pesantren Cetak Wirausaha Baru

"Pantun ini merupakan salah satu budaya di Indonesia yang penting untuk dilestarikan," ujar Rosyid.

Rosyid menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat maupun panitia lokal yang terlibat serta kepada para peserta yang menyambut acara ini dengan penuh semangat dan telah bahu membahu bersama melestarikan budaya pantun Melayu.

Baca juga : Optimalkan Potensi SDM NTT untuk Indonesia Emas 2045

"Sangat antusias, banyak, bahkan ratusan lebih yang hadir untuk meyaksikan kegiatan lomba pantun ini. Karena pantun ini menjadi bagian dari komunikasi masyarakat dan bangsa Indonesia, khususnya sebagai salah satu media pemersatu yang majemuk," lanjut Rosyid.

Rosyid mengungkapkan, setidaknya ada puluhan masyarakat yang mendaftar mengikuti lomba tersebut dan disaring sebanyak 16 orang yang berhak tampil di babak akhir dan 3 orang dengan lantunan pantun terbaik menjadi pemenang dalam lomba tersebut.

"Semua peserta dinilai oleh 3 para dewan juri sampai nanti tahap terpilih para pemenang lomba berbalas pantun,” kata dia.

Ke depannya, Rosyid akan melakukan agenda lanjutan dalam memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni.

"Selanjutnya ada lomba menarik lainnya, yaitu pembacaan teks proklamasi untuk memperingati hari lahir Pancasila dan lomba menyanyi," jelasnya. (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat