visitaaponce.com

Sumur-Sumur Mengering, Satu Desa di Majalengka Kesulitan Air Bersih

Sumur-Sumur Mengering, Satu Desa di Majalengka Kesulitan Air Bersih
Ilustrasi(Antara)

KESULITAN air bersih terjadi di satu desa di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, hingga membuat warga harus membeli air bersih untuk kebutuhan mereka.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun kesulitan air bersih dialami warga di Desa Mekarjaya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. "Ada lima blok di desa kami yang selalu mengalami kesulitan air bersih ketika kemarau," tutur Cartono, kepala Desa Mekarjaya, Selasa (20/6).

Saat ini, dua blok di antaranya, yakni blok Kertajaya dengan jumlah 400 kepala keluarga (KK) dan Blok Kertamukti dengan jumlah 200 KK, mengalami kesulitan air. Sumur-sumur milik warga mengering sehingga untuk memenuhi  kebutuhan air bersih, mereka pun harus membeli.

Baca juga : Kabupaten Klaten Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Kekeringan

Hujan yang beberapa hari ini turun menurut Casta tetap tidak mampu mengisi sumur warga dengan air. Terletak di dataran rendah membuat daerah mereka selalu dilanda kesulitan air bersih saat musim kemarau.

"Kami sebenarnya ingin air PDAM bisa mengalir juga ke wilayah kami," tutur Casta.

Baca juga : Memasuki Musim Kemarau, Bendung Cipero di Tegal mulai Mengering

Sementara itu Warca, seorang warga setempat menjelaskan sumur pompa yang ada  di rumahnya sudah tidak lagi mengeluarkan air. "Jangan kan air bersih, air kotor pun sulit diperoleh," tuturnya.

Ini dikarenakan sungai maupun situ (danau) yang ada di daerah mereka sudah mengering. Untuk kebutuhan air bersih, Warca mengaku membeli dari saudaranyaa di blok tetangga, yang berjarak sekitar 500 km dari rumahnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat