visitaaponce.com

Kekeringan, Ratusan Hektare Sawah di Klaten Puso

Kekeringan, Ratusan Hektare Sawah di Klaten Puso
BPBD Klaten melakukan dropping air di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang.(MI/Djoko Sardjono)

RATUSAN hektare sawah di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mengalami puso akibat kekeringan. Kondisi sawah pertanian padi yang gagal panen itu tersebar di wilayah Kecamatan Bayat dan Kecamatan Cawas.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten, Widiyanti, mengungkapkan luas sawah puso di dua wilayah kecamatan itu total 333 hektare. Sawah gagal panen itu pada musim tanam (MT) dua ini.

"Kondisi puso di dua kecamatan tersebut, karena sawah kekurangan air. Sawah puso di Kecamatan Bayat tersebar di 10 desa, sedangkan di Kecamatan Cawas empat desa. Total luas sawah puso 333 hektar," jelasnya.

Baca juga : Pemkab Kaur Bengkulu Bagikan Pompa untuk Airi Sawah Tadah Hujan

Saat ditemui di pendapa Kabupaten Klaten, Senin (1/7), Widiyanti menyebutkan luas sawah puso di Kecamatan Bayat 205 hektare tersebar di 10 desa, dan di Kecamatan Pedan 148 hektare meliputi empat desa.

Sawah pertanian padi MT II yang kekeringan terutama di daerah tadah hujan. Untuk pengairan sawah itu, DKPP Klaten sudah mencoba dengan pompanisasi khususnya di daerah yang ada sumber air, seperti di sungai.

"Perlu diketahui, bahwa sebagian petani di Kabupaten Klaten yang sawahnya puso akibat kekeringan itu telah ikut asuransi usaha tani padi (AUTP), dan klaim mereka kini sudah dalam proses,� ujar Kepala DKPP Klaten.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat