visitaaponce.com

Sudah 12 Hari Hutan di Aceh Terbakar, Api Menjalar Begitu Cepat

Sudah 12 Hari Hutan di Aceh Terbakar, Api Menjalar Begitu Cepat
Foto udara suasana kebakaran lahan gambut di kawasan Desa Suak Puntong, Nagan Raya, Aceh, Kamis (22/6/2023).(Antara/Syifa Yulinnas)

MUSIBAH kebakaran hutan dan lahan gambut di kawasan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, semakin meluas. Pasalnya sejak hari pertama kebakaran pada Selasa pekan lalu (12 Juni) hingga hari ini Sabtu (24/6) lidah api terus meluas ke berbagai penjuru.

Karena api menjalar sangat cepat, sedikitnya sekitar 25 hektare (ha) hutan gambut dan lahan sawit telah musnah terbakar. Itu tersebar ke tiga lokasi yaitu Kecamatan Darul Makmur, Kecamatan Kuala dan Kecamatan Kuala Pesisir.

"Kemarin saja sebaran api sudah memusnahkan 21,5 ha. Karena belum berhasil padam hingga kini terus leluas" tutur Junaidi, tokoh masyarakat Kuala Pesisir.

Baca juga : BMKG Prediksi Puncak Musim Kemarau Terjadi pada Juli hingga Agustus

Tim gabungan pemadam dari BPBD Nagan Raya, TNI/ Polri dan dibantu warga setempat sangat sulit menghentikan lidah api. Pasalnya sebagian lokasi kebakaran itu tidak memiliki akses jalan sehingga sulit menjangkau lidah api.

Sembilan unit mesin pompa air yang mereka kerahkan hanya sebagian tempat ada sumber air dan bisa terbangkan. Adapun banyak lokasi harus melakukan pemadaman dengan cara memukul atau memutuskan lidah api agar tidak menyebar lagi.

Baca juga : 793 Titik Panas Terdeteksi di Sumsel, Gubernur Minta Bantuan BNPB

Kepala Pelaksana BPBD Nagan Raya, Irfanda Rinaldi mengatakan, sulitnya menghentikan lidah api juga karena hembusan angin. Sehingga aksi petugas kebakaran petugas kalah cepat saat percikan sijago merah meloncat dan menjilat dedaunan kering.

Apalagi kondisi di lapangan sangat kering setelah sekitar sebulan teralhir tidak turun hujan. Lebih parah lagi lokasi kebakaran itu adalah lahan gambut yang sulit menembus air ke bagian bawah. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat