visitaaponce.com

Bus Trans Jogja Terjungkal ke Jurang 3 Meter saat Menanjak

Bus Trans Jogja Terjungkal ke Jurang 3 Meter saat Menanjak
Bus Trans Jogja alami kecelakaan di Dusun Pulegundes, Desa Sidoharjo, Minggu (2/7)(MG Press)

BUS Trans Jogja alami kecelakaan di Dusun Pulegundes, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (2/6). Sejumlah penumpang bus pelat nomor AB 7075 AS dibawa ke Puskesmas. 

Kapolsek Tepus Iptu Larso mengatakan bus milik PT Jogja Tugu Trans membawa penumpang asal Kabupaten Sleman untuk berwisata ke salah satu Pantai di Gunungkidul. Bus yang dikemudikan sopir Sutrisno, 53, membawa 33 penumpang. 

“Mereka ini mau ke Pantai Slili, lewatnya  dari arah Bajinglemu," kata Larso lewat sambungan telepon. 

Baca juga: Simak, 2 Hal Ini Jadi Biang Kerok Tingginya Angka Kecelakaan di Jakarta

Rombongan tersebut melewati tanjakan Gemulung Dusun Pulegundes. Menurut dia, tanjakan itu tak begitu curam namun jaraknya panjang. 

“Mungkin karena pengemudi tidak begitu menguasai Medan sehingga tidak siap menyelesaikan tanjakan. Selain tanjakan panjang, kondisi jalan juga sempit," kata dia.

Baca juga: Sepanjang 2022, 7.133 Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi di Jakarta

Larso menyatakan bus saat menanjak menggunakan gigi dua. Ketika di tengah tanjakan, sopir telat memindah gigi ke yang lebih rendah dan akhirnya bus melorot ke belakang. 

“Sopir tahu di belakang ada kendaraan lain, terus membanting (kemudi) ke arah kanan,” ujarnya. 

Situasi itu membus bus terjungkal ke jurang sedalam tiga meter. Usai terjungkal ke jurang, puluhan penumpang sempat terkunci di dalam bus. Beruntung, pintu berada di sisi atas saat bus dalam posisi miring di jurang. 

“Terus mereka memecah kaca pintu buat keluar. Mereka saling bantu keluar bus. (Penumpang) bisa keluar semua," ungkapnya. 

Ia menambahkan, sebanyak tujuh penumpang yang mengalami luka-luka dan dibawa ke Puskesmas Tepus satiu. Beberapa penumpang juga sempat alami syok akibat kejadian itu. 

“Setelah semua terkondisikan, para penumpang dibolehkan pulang. Untuk hasil pemeriksaan awal kepada sopir bus,  tersebut baru pertama kali melintas sehingga tidak menguasai medan," kata dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat