visitaaponce.com

Pemkot Bandung Warga Harus Adaptasi dengan Perpindahan Bandara ke Kertajati

Pemkot Bandung: Warga Harus Adaptasi dengan Perpindahan Bandara ke Kertajati
Pesawat Antonov An-124-100, pesawat kargo terbesar di dunia, mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.(MI)

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna meyakini bahwa masyarakat Kota Bandung bisa beradaptasi dengan perpindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati yang berada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Pengalihan itu mulai berlaku Oktober mendatang.

"Untuk pengaruh ekonomi, kita akan lihat nanti. Yang jelas siapa pun harus beradaptasi dengan rencana dan kebijakan ini," kata Ema di Pasar Cihapit, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/7).

Ia juga menekankan posisi Pemkot Bandung mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah pusat tersebut. Dia pun mengharapkan seluruh masyarakat juga bisa ikut menyukseskan agenda itu.

Baca juga: Mulai Oktober, Penerbangan dari Husein Sastranegara Dialihkan ke Kertajati

"Kami di level bawah pasti harus mendukung apa yang jadi kebijakan pemerintah pusat. Untuk saat ini tidak mungkin menyenangkan semua pihak, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, saya yakin perlahan bisa menyesuaikan dengan kebijakan itu," tuturnya.

Ia optimistis proses pemgalihan akan berjalan lancar mengingat saat ini Tol Cisumdawu yang diresmikan dan beroperasi. Itu akan mempermudah akses menuju Bandara Kertajati.

Baca juga: Sudah Diresmikan, Tol Cisumdawu Terkoneksi Penuh dengan Cipali dan Kertajati

"Dengan tol yang sudah berjalan, itu konon katanya paling lambat hanya dua jam," sambung Ema.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Bandara Kertajati di Majalengka bakal beroperasi penuh di Oktober 2023. Seluruh penerbangan komersial dengan pesawat jet yang ada di Bandara Husein Sastranegara akan dipindahkan ke Kertajati. Sementara, untuk pesawat propeller akan dialihkan secara bertahap sampai tahun depan. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat