visitaaponce.com

Mulai Oktober, Penerbangan dari Husein Sastranegara Dialihkan ke Kertajati

Mulai Oktober, Penerbangan dari Husein Sastranegara Dialihkan ke Kertajati
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Bandara Kertajati.(Youtube Setpres)

Presiden Joko Widodo mengungkapkan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara Bandung akan dialihkan ke Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. Pemindahan untuk pesawat jenis jet akan dilakukan pada Oktober mendatang. Sementara, untuk pesawat baling-baling atau propller dilakukan paling lambat satu tahun dari sekarang.

"Nantinya, dimulai di Oktober, akan operasi penuh. Artinya dari Bandara Husein Kartanegara akan digeser ke Kertajati utamanya untuk yang pesawat jet,” ujar Jokowi saat meninjau kesiapan Bandara Kertajati di Jawa Barat, Selasa (11/7).

Saat ini Bandara Kertajati telah digunakan untuk penerbangan haji. Diperkirakan, ada 8.000 jemaah dari 7 kabupaten/kota di Jawa Barat yang melakukan penerbangan dari bandara tersebut. Selain itu, penerbangan untuk ibadah umroh juga sudah terlayani di Bandara Kertajati. Adapun, durasinya 4 kali dalam satu pekan.

Baca juga: Presiden Resmikan Bandara Ewer di Asmat, Papua Selatan

“Plus juga melayani penerbangan internasional dari Kuala Lumpur (Malaysia) ke Kertajati sebanyak 2 kali per minggu," tutur mantan wali kota Surakarta itu.

Kepala Negara juga mengklaim bahwa minat investor untuk ikut berinvestasi di Bandara Kertajati cukup besar. Ia menyebut ada komitmen investasi dari beberapa negara yang akan masuk dan itu akan diputuskan pada Oktober 2023. Jokowi mengaku belum bisa menyebut dari negara mana dan investornya siapa, karena masih dalam proses. Namun, ia menjanjikan Oktober 2023 semuanya telah selesai.

Baca juga: Tol Cisumdawu Bisa Jadi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru

“Nanti kalau sudah selesai baru akan kita buka. Mereka masuk equity berapa persen. Yang kita harapkan harapan akhir adalah trafficnya semakin padat,” sambungnya.

Dengan masuknya investor untuk pengembangan bandara, Jokowi berharap lalu lintas penerbangan dari dan menuju Bandara Kertajati semakin meningkat. Apalagi, ruas Tol Cisumdawu yang menghubungkan Cileunyi–Sumedang–Dawuan, telah selesai. Keberadaan tol itu mempercepat akses dari Bandung, Jawa Barat, menuju Bandara Kertajati.

“Sehingga jarak tempuh antara Bandara Kertajati dan Bandung hanya kurang lebih satu jam ini akan mempercepat bandara Kertajati,” tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat