visitaaponce.com

Masa Tunggu Haji di Kota Bandung Bisa Capai 27 Tahun

Masa Tunggu Haji di Kota Bandung Bisa Capai 27 Tahun
Ilustrasi.(AFP/ADEK BERRY)

BERDASARKAN data dari Kementerian Agama Kota Bandung Jawa Barat (Jabar), masa tunggu keberangkatan haji di kota Bandung mencapai 26 hingga 27 tahun. Lamanya masa tunggu disebabkan masih kurangnya kuota yang dimiliki untuk calon jemaah haji Kota Bandung.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandung, Abdurohim Kamis (23/5) menyebut saat ini kuota yang dimiliki kota Bandung sebanyak 2.517, namun yang diberangkatkan hanya 2.637 jemaah, karena ada keputusan jemaah dari wilayah lain yang ikut berangkat dari kota Bandung.

"Setiap tahunnya animo masyarakat yang ingin mendaftar untuk menunaikan ibadah haji terus meningkat, jika tidak ada penambahan kuota, tentunya semakin panjang daftar tunggunya (waiting list). Namun jika ada penambahan sebanyak 4.000 atau 5.000, maka daftar tunggu juga bisa berkurang," jelasnya.

Baca juga : Menuju Makkah, Jemaah Haji dari Madinah harus Melewati 3 Pos Pemeriksaan

Menurut Abdurohim, untuk keberangkatan jemaah haji tahun ini, Kota Bandung sudah memberangkatkan 2 kloter, dari seluruhnya sekitar enam kloter ditambah satu kloter gabungan. Dua kloter yang sudah berangkat ini, jumlah jemaah haji yang berangkat sebanyak 432, ditambah delapan orang petugas haji.

"Alhamdulillah mereka berangkat tanpa ada sheet yang kosong dan dalam kondisi sehat. Kami senantiasa berikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah, mulai menjelang pemberangkatan, saat berangkat, hingga pulang kembali ke tanah air. Kami pun berpesan untuk menjaga kondisi kesehatan dan persiapkan fisik mesti sehat," ungkapnya.

Selain itu, yang perlu dipahami oleh para jemaah haji, kata Abdurohim, bahwa jamaah harus mempunyai motivasi tinggi dan pergi haji ini, semata untuk ibadah menunaikan rukun Islam ke lima. Sehingga menjadi semangat saat menjalankan ibadahnya.

Baca juga : Asrama Haji Makassar Siapkan 3 Bus Shalawat Layani Jemaah

"Di sana cuacanya panas, maka kami sarankan siapkan payung utama ketika di Arafah, lalu membawa pelembap bibir, hingga penutup kepala. Bagi keluarga yang di tanah air, doakan keluarga yang pergi haji mampu menjalankan ibadah dengan lancar dan sebaik-baiknya," tambahnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan, semua jemaah haji asal Kota Bandung yang berada di Asrama Haji Indramayu, sebelum diberangkatkan melalui Bandara Kertajati, merasa puas terhadap pelayanan dan fasilitas yang dimiliki Asrama Haji Indramayu ini.

"Semua jemaah merasa senang berada di asrama haji sebelum berangkat ke Kertajati untuk terbang ke Tanah Suci. Jemaah merasa puas dengan semua fasilitas dan makanan yang disediakan. Kemudian juga air yang dikhawatirkan kurang, alhamdulillah lancar," ujar Teddy yang meninjau langsung kondisi jemaah haji asal Kota Bandung di Asrama Haji Indramayu.

Teddy, menyoroti belum adanya masjid besar di Asrama Haji Indramayu, karenanya dia mendorong Pemprov Jabar untuk segera menyelesaikan masjid di Asrama Haji Indramayu. Selain itu ke depannya Teddy berharap dari Tol Kertajati ada jalan penghubung langsung, sehingga tidak perlu melewati Pantura. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat