visitaaponce.com

Asrama Haji Makassar Siapkan 3 Bus Shalawat Layani Jemaah

Asrama Haji Makassar Siapkan 3 Bus Shalawat Layani Jemaah
Bus Shalawat di Asrama Haji Makassar.(DOK UPT ASRAMA HAJI MAKASSAR)

KEPALA Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan (Sulsel), Muh Tonang mengungkapkan, UPT Asrama Haji Makassar, di Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mulai menyambut calon jemaah haji yang masuk Asrama Haji mulai Sabtu (11/5).

Salah satu persiapan yang dilakukan yaitu dengan menyiapkan Bus Shalawat bagi calon jemaah haji, agar tidak perlu lagi berjalan kaki, dari satu wisma ke wisma lain, termasuk juga saat persiapan menuju aula pemberangkatan.

Menurut Kepala UPT Asrama Haji Makassar Zulkifly Hijaz, pihaknya memberikan layanan tambahan, dengan menyiapkan armada Bus Shalawat, yang beroperasi selama 24 jam untuk melayani jemaah selama di dalam lingkungan asrama.

Baca juga : Bus Ramah Lansia dan Disabilitas Siap Layani Jamaah Indonesia

Ada tiga unit bus shalawat yang disiapkan untuk melayani jemaah di Asrama Haji Makassar. Bus berkapasitas 20 kursi dan satu kursi khusus untuk jemaah lansia.

“Bus ini akan standby di area wisma jemaah. Jika tahun sebelumnya mereka harus berjalan kaki, kali ini kami menyediakan bus untuk memudahkan aktivitas beribadah jamaah, baik di masjid Asrama maupun selama melakukan aktivitas manasik haji,” jelas Zulkifly.

Bus Shalat didesain seperti sarana serupa dengan yang akan melayani jemaah haji di Tanah Suci Makkah. Sehingga tidak perlu lagi berjalan kaki cukup jauh dari wisma ke lokasi-lokasi yang ada di asrama haji.

Baca juga : 7 Pemalak di Asrama Haji Sudiang Diamankan Polisi

Warna bus, kode nomor, dan corak stiker juga dipilih agar mirip dengan Bus Shalawat di Syisyah, Makkah, yang melayani jemaah embarkasi Makassar. "Sehingga nantinya jamaah tidak akan merasa asing ketika mereka sampai di Tanah Suci,” seru Zulkifly.

Tahun 2024 ini, Sulsel akan memberangkatkan 7.884 jemaah haji dari kuota awal sebanyak 7.272 jemaah. Penambahan tersebut berasal dari penambahan kuota sebanyak 468, optimalisasi kuota sebesar 64, dan selisih mutasi sebanyak 80 jemaah.

Untuk Embarkasi Makassar melayani delapan Provinsi di Indonesia Timur, yaitu Sulsel, Sulbar, Sultra, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, dengan total keseluruhan jemaah yang akan diberangkatkan 16.669 orang, terdiri dari 16.343 jemaah haji, 121 Petugas Haji Daerah (PHD), dan 205 petugas PPIH Kloter. Mereka semua terbagi dalam 38 kelompok terbang (Kloter). (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat