visitaaponce.com

7 Pemalak di Asrama Haji Sudiang Diamankan Polisi

7 Pemalak di Asrama Haji Sudiang Diamankan Polisi
Tujuh orang pelaku pemalakan pengunjung di Asrama Haji Sudiang Makassar, ditangkap(Kemenag)

SEBANYAK tujuh orang pelaku pemalakan pengunjung di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, diamankan petugas Kepolisian Sektor Biringkanaya, Makassar, setelah menerima laporan dari korban saat pengantar, juga penjemput jemaah haji. Tujuh orang tersebut adalah Fer, 20, Mir, 28, Muh, 23, Mad, 27, Fan, 31, Faj, 33 dan Dir, 18.

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Makassar, Komisaris Besar Mokhamad Ngajib mengatakan, para pelaku diduga sudah beraktivitas sejak hari kedatangan pengantar jemaah dari daerah masing-masing hingga penjemputan.

Dari aduan pelapor, para pelaku beraksi dengan modus sebagai juru parkir liar. Mereka meminta paksa retribusi parkir kepada penjemput jemaah haji, dengan nilai Rp100 ribu.

Baca juga: 106.298 Jemaah Haji Tercatat Sudah Tiba di Tanah Air

"Jika tidak memberi uang, pengendara tidak diperkenankan masuk ke area Asrama Haji Sudiang. Pelaku juga mengancam memukuli korbannya jika permintaan tidak dipenuhi," lanjut Ngajib.

"Penangkapan dilakukan, berdasarkan informasi laporan masyarakat. Ada dua orang yang melaporkan soal pemalakan melalui nomor layanan Bantuan Polisi. Masyarakat bisa mengadu melalui nomor 0821-3366-9110," sambungnya.

Baca juga: Tiga Desain Penyelenggaraan Haji Disiapkan, Durasi Bisa Lebih Pendek

Lalu, para pelaku ditangkap tim gabungan Unit Reserse Kriminal dan unit Sabhara, di sekitar Asrama Haji, sekitar pukul 23.40 Wita. "Semalam ibu Wakapolsek Biringkanaya, AKP Ema Ratnam yang langsung pimpin penangkapan ketujuh orang tersebut, dan mereka sementara diproses," ungkap Ngajib.

Untuk omzetnya yang dihasilkan dari ketujuh pelaku, masih didalami penyidik. "Tetapi dari tujuh pelaku ini rata-rata adalah tukang ojek, ada juga supir pete-pete, ada karyawan swasta, pengangguran. Mereka ini warga Biringkanaya," pungkasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat