visitaaponce.com

731 Calon Jemaah Haji Kota Batam Siap Berangkat

731 Calon Jemaah Haji Kota Batam Siap Berangkat
Jemaah haji dari Batam siap berangkat ke tanah suci(Antara)

SEBANYAK 731 calon jemaah haji (CJH) dari Kota Batam bersiap-siap untuk berangkat ke tanah suci Mekah tahun ini. Jumlah ini sedikit berkurang dari kuota sebelumnya yang mencapai 734 orang.

"Keputusan ini diambil oleh dua jemaah yang ingin berangkat bersama pasangannya dalam satu kloter, dan satu jemaah yang ingin memastikan kondisi kesehatannya dalam keadaan prima sebelum menjalankan ibadah haji," ujar Syahbudi, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kota Batam, pada Kamis (9/5).

Syahbudi menjelaskan bahwa 731 CJH akan terbagi dalam tiga kloter keberangkatan. Kloter 1, yang terdiri dari 93 CJH asal Batam dan jemaah dari Kota Tanjungpinang, Bintan, serta Natuna, dijadwalkan berangkat pada 12 Mei 2024. Sementara itu, 225 CJH Batam akan bergabung dalam kloter 2 yang akan diberangkatkan pada 13 Mei 2024 bersama jemaah dari Kabupaten Karimun dan Kabupaten Anambas.

Baca juga : 195.917 atau 92% Visa Jemaah Haji Indonesia sudah Terbit

Kloter terakhir, yaitu kloter 15, dijadwalkan untuk masuk ke Asrama Haji Batam pada 26 Mei 2024 dan akan diberangkatkan sehari setelahnya. Kloter ini mengangkut 445 calon haji, dengan 416 jemaah di antaranya berasal dari Kota Batam. "Untuk calon jemaah haji tertua kita tahun ini berusia 93 tahun dan yang termuda 18 tahun," terang Syahbudi.

Syahbudi memastikan bahwa seluruh CJH telah memiliki paspor dan saat ini sedang dalam proses pengajuan visa. Ia juga menyebutkan bahwa vaksinasi meningitis sudah dilakukan oleh tim dari Dinas Kesehatan Kota Batam.

Dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 2024, Embarkasi Batam akan memberangkatkan total 12.437 calon jemaah haji dari berbagai daerah, termasuk Kepulauan Riau, Riau, Kalimantan Barat, dan Jambi. Selain itu, terdapat juga 28 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPIH), 28 Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan 83 orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang akan mendampingi para jemaah dalam perjalanan spiritual mereka. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat