visitaaponce.com

SMK-PP Kementan Sosialisasikan Inkubator Bisnis bagi Stakeholders

SMK-PP Kementan Sosialisasikan Inkubator Bisnis bagi Stakeholders
Sekda Pemkab Banjar, Mokhammad Hilman (kedua dari kanan).(Ist)

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) terus mendororong generasi muda mengambil peran dalam pembangunan pertanian, karena niscaya harus dilanjutkan oleh generasi muda yang kreatif dan solutif dalam menghadapi tantangan sektor pertanian di masa depan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengaku optimistis bahwa generasi milenial yang inovatif dan memiliki gagasan kreatif akan mampu mengawal pembangunan pertanian menuju maju, mandiri, modern.

“Kualitas SDM pertanian harus selalu ditingkatkan. Pertanian saat ini harus terus berinovasi dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi,” katanya dalam keterangan pers, Jumat (4/8).

Baca juga: Kementan Tingkatkan Kapasitas Pendamping Petani Milenial di Pacitan, Jatim

Senada hal itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi meneguhkan upayanya menyiapkan SDM pertanian yang unggul.

“Salah satu fokus BPPSDMP Kementan adalah mewujudkan sumber daya manusia (SDM) andal, berdaya saing serta berjiwa entrepreneur,” kata Dedi Nursyamsi.

Kementan melalui SMK-PP (Sekolah Menengah Kejuruan – Pertanian Pembangunan) Negeri Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) di Provinsi Kalimantan Selatan [Kalsel] terus menggencarkan Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) di Kalsel.

Baca juga: Kementan Kawal Petani Milenial Jawa Timur Terapkan Smart Farming

Kali ini PPIU Kalsel menggelar kegiatan Public Hearing dan Sosialisasi Inkubator Bisnis di Aula SMK-PP Negeri Banjarbaru pada Senin [31/7].

Inkubator Bisnis merupakan program BPPSDMP Kementan dalam upaya mendukung usaha pemula menjadi entrepreneur muda bidang pertanian yang profesional.

Kegiatan tersebut dihadiri stakeholders dari pemerintah daerah, perguruan tinggi, Bank BUMN, perusahaan swasta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan 10 alumni SMK-PP N Banjarbaru sebagai calon tenant yang juga Penerima Manfaat dari Program YESS untuk Kabupaten Banjar.

Baca juga: Mentan Sebut Kolaborasi Jadi Kunci Bisnis Pertanian

Hadir saat pembukaan kegiatan, Project Manager PPIU Kalsel, Angga Tri Aditia Permana yang berharap Inkubator Bisnis pada SMK-PP N Banjarbaru dapat diakses secara luas sehingga mendukung hadirnya wirausahawan muda pertanian yang sukses.

“Kami berharap ini bisa diakses dan menjadi menjadi wadah kolaborasi bagi semua pihak yang ujungnya menghasilkan wirausaha muda di bidang pertanian yang unggul, maju, mandiri, dan modern,” kata Angga.

Pemkab Apresiasi Program Regenerasi Petani

Hadir dan membuka kegiatan, Mokhammad Hilman selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar yang menekankan tentang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar senantiasa mengapresiasi kegiatan tersebut dan mendukung program regenerasi petani, karena selaras dengan slogan Pemkab Banjar yakni Maju, Mandiri dan Agamis.

“Ini menjadikan momentum bagi kita semua memajukan sektor pertanian bagi kita semua. SMK-PP N Banjarbaru telah menunjukan komitmen dalam mengembangkan potensi kewirausahaan kepada para alumninya,” kata Hilman.

Baca jugaSwakelola Agribisnis, Kementan Tingkatkan Kemandirian Petani Milenial

Dia menambahkan, agar nantinya sukses menjalankan inkubator bisnisnya, dapat dimulai tahap sosialisasi, seleksi dan rekruitmen. 

"Jika berhasil akan didampingi, kembangkan, monitoring, dan juga akses permodalan kemudian dibarengi business expo dan business matching, guna memperluas jangkauan pasar regional dan nasional.

Ketua Inkubator Bisnis SMK-PP N Banjarbaru, Abdul Wahid menjelaskan bahwa Inkubator Bisnis SMK-PP N Banjarbaru telah berdiri sejak akhir 2022, fokus pada bidang usaha agribisnis dan agroteknologi.

"Calon tenant yang mendaftar dari alumni PWMP, alumni SMKPP, alumni SMK yang memiliki prodi pertanian lainnya serta masyarakat umum," katanya.

Menurutnya, 10 calon tenant yang lulus kemudian melaksanakan rekruitmen dan seleksi sejak Senin hingga Kamis. Untuk informasi secara lengkap melalui link: inkubi.smkppnbanjarbaru.sch.id/. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat